Categories: HeadlinesKetapang

Semakin Andal! PLN Sukses Operasikan GI Kendawangan dan GI Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – PT PLN (Persero) sukses melakukan pengoperasian terhadap 2 Gardu Induk (GI), yaitu GI 150 kilovolt (kV) Kendawangan Line 1 Ketapang – Kendawangan dan GI 150 kV Ketapang Line 1 dan Line 2 Ketapang Sukadana, pada Sabtu 11 Juni 2022.

Dengan kehadiran kedua GI tersebut, pasokan listrik di Sukadana semakin meningkat dan penyaluran tenaga listrik ke masyarakat Ketapang pun akan semakin andal. 

Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Penyaluran dan Pengatur Beban (UP3B) Sistem Kalimantan Barat, Sudarto mengatakan, demi stabilitas sistem kelistrikan di Ketapang, pihaknya sudah mempersiapkan jaringan transmisi sepanjang 278,42 kilometer sirkuit (kms) dengan aset tower transmisi Ketapang – Kendawangan sebanyak 189 tower dan Ketapang – Sukadana sebanyak 213 tower.

“Keberhasilan pengoperasian 2 Gardu Induk ini diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di Kabupaten Ketapang. Selanjutnya, kami juga menginginkan penyediaan listrik yang sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yakni melalui energi yang bersih dan mandiri,” ungkapnya. 

Sebelumnya, daya mampu di Sukadana yang hanya sejumlah 5 Megawatt (MW) ini memiliki total beban puncak sebesar 6,5 MW, sehingga hal tersebut terkadang akan memicu terjadinya pemadaman di sejumlah wilayah Sukadana. Namun setelah hadirnya kedua GI tersebut pada sistem kelistrikan, kelebihan beban pada Sukadana mampu dialihkan sehingga pemadaman pun tidak akan terjadi.

“Dengan masuknya kedua GI pada sistem kelistrikan ini, daya mampu di Ketapang semakin andal dengan total daya bersihnya sebesar 53,3 MW. Keberhasilan ini juga tentunya tidak terlepas dari dukungan pemerintah dan masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat,” imbuh Sudarto.   

Ke depannya, pengoperasian GI di Kabupaten Ketapang ini akan dilakukan interkoneksi dengan sistem kelistrikan khatulistiwa, sehingga diharapkan mampu untuk mengurangi biaya operasional dari beberapa pembangkit serta mengurangi emisi lingkungan akibat operasional pembangkit tersebut. 

PLN juga berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dengan memberikan pasokan listrik yang andal dan stabil, sehingga mampu menyokong pertumbuhan perekonomian khususnya masyarakat di Kalimantan Barat. (Rilis/Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Warga Padati Halaman Polresta Pontianak, Nobar Indonesia Versus Uzbekistan

KalbarOnline, Pontianak - Ribuan warga Kota Pontianak memadati halaman Polresta Pontianak untuk nonton bareng (nobar)…

5 hours ago

Ribuan Penari Meriahkan Kalbar Menari 2024 di Pendopo Gubernur

KalbarOnline, Pontianak - “Serentak Menari, Bergerak Bahagiakan Bumi” menjadi tema yang diambil dalam peringatan Hari…

5 hours ago

1.085 Atlet Pelajar Siap Berlaga di Popda Kota Pontianak 2024

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 1.085 atlet pelajar SMP dan SMA se-Kota Pontianak siap berlaga pada…

5 hours ago

Bingkisan Kebahagiaan PLN untuk Warga Kalsel yang Membutuhkan

KalbarOnline.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

6 hours ago

Dekranasda Kalbar Dukung Gallery Rika Ayub Design Turut Majukan Fashion Wastra Khas Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Windy…

9 hours ago

Pentingnya Imunisasi Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

KalbarOnline, Pontianak - Setiap orang memiliki imunitas yang berbeda, sehingga daya tahan tubuh terhadap penyakit…

9 hours ago