Categories: Pontianak

Lepas 6 Ribu Peserta Pawai Taaruf 1 Muharram, Bahasan: Momentum Jaga Nilai Keislaman

KalbarOnline, Pontianak – Lebih dari 6 ribu peserta yang didominasi para siswa dan siswi SD hingga SMA di Kota Pontianak mengikuti pawai taaruf dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, Minggu (07/08/2022).

Ribuan peserta ini dilepas secara resmi oleh Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan di depan Taman Alun-alun Kapuas, Jalan Rahadi Usman, Kota Pontianak.

Dalam sambutannya, Bahasan mengungkapkan, bahwa perayaan Hari Besar Islam merupakan momentum untuk menjaga nilai-nilai kebaikan terutama untuk generasi muda. Ia bersyukur, akhirnya peringatan ini dapat dilakukan secara masif, setelah lama tidak dilakukan akibat andemi Covid-19.

Alhamdulillah tahun ini bisa melaksanakan pawai taaruf. Ini merupakan sinyal bahwa masyarakat, khususnya umat islam sudah dapat melaksanakan kembali peringatan hari besar,” ujarnya usai melepas kontingen pawai.

Bahasan menjelaskan, selain sebagai momentum menjaga nilai keislaman, agenda tersebut digelar dalam rangka memupuk rasa silaturahmi antar masyarakat. Kedepannya, dirinya berharap agar perayaan hari besar keagamaan seperti ini dapat lebih meriah serta diikuti lebih banyak peserta.

“Untuk sekarang peserta masih dibatasi karena kapasitas tempat, dan kebetulan masih pertama kali ya usai pandemi, jadi perlu penyesuaian,” kata Bahasan.

Kepada seluruh peserta, Bahasan pun mengimbau untuk mendalami pemahaman terhadap nilai-nilai agama dan sedini mungkin menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari. Ia juga berpesan agar setiap pemuda pemudi di Kota Pontianak dapat menjalani kehidupan berdasarkan pedoman yang telah digariskan dalam Al-Quran dan Hadits.

“Maknai nilai-nilai Islami, karena selama ini kita menyadari ada stigma sedang terjadi kemerosotan moral dalam anak muda,” tukasnya. (J)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sekda Mohd Zaini Buka FGD Penyusunan Dokumen Rencana RPPLH Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, Mohd Zaini membuka FGD Penyusunan Dokumen Rencana Perlindungan…

20 mins ago

Kantor BKD Kayong Utara Terbakar

KalbarOnline, Kayong Utara - Akibat korsleting listrik, Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kayong Utara…

3 hours ago

Sopir Bus Damri Meninggal dalam Perjalanan dari Pontianak ke Pangkalanbun

KalbarOnline, Pontianak - Seorang sopir bus Damri meninggal dunia dalam perjalanan dari Pontianak menuju Pangkalanbun,…

3 hours ago

Dedikasi 39 Tahun, Muefri Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak Resmi Purnabakti

KalbarOnline, Pontianak - Setelah mendedikasikan karirnya selama 39 tahun, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Muefri…

3 hours ago

Bangga, Batik Karya Kreasi Sungai Putat Tampil Memukau di Hadapan Jokowi

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Kreasi Sungai Putat (KSP), Syamhudi mengungkapkan rasa bangganya bahwa batik produksinya…

4 hours ago

Air Terjun Riam Macan: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat yang Sarat Makna Religi

KalbarOnline, Bengkayang - Kalimantan Barat tidak hanya kaya akan keanekaragaman budaya dan suku, tetapi juga…

8 hours ago