Lepas 6 Ribu Peserta Pawai Taaruf 1 Muharram, Bahasan: Momentum Jaga Nilai Keislaman

KalbarOnline, Pontianak – Lebih dari 6 ribu peserta yang didominasi para siswa dan siswi SD hingga SMA di Kota Pontianak mengikuti pawai taaruf dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, Minggu (07/08/2022).

Ribuan peserta ini dilepas secara resmi oleh Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan di depan Taman Alun-alun Kapuas, Jalan Rahadi Usman, Kota Pontianak.

Dalam sambutannya, Bahasan mengungkapkan, bahwa perayaan Hari Besar Islam merupakan momentum untuk menjaga nilai-nilai kebaikan terutama untuk generasi muda. Ia bersyukur, akhirnya peringatan ini dapat dilakukan secara masif, setelah lama tidak dilakukan akibat andemi Covid-19.

Alhamdulillah tahun ini bisa melaksanakan pawai taaruf. Ini merupakan sinyal bahwa masyarakat, khususnya umat islam sudah dapat melaksanakan kembali peringatan hari besar,” ujarnya usai melepas kontingen pawai.

Bahasan menjelaskan, selain sebagai momentum menjaga nilai keislaman, agenda tersebut digelar dalam rangka memupuk rasa silaturahmi antar masyarakat. Kedepannya, dirinya berharap agar perayaan hari besar keagamaan seperti ini dapat lebih meriah serta diikuti lebih banyak peserta.

“Untuk sekarang peserta masih dibatasi karena kapasitas tempat, dan kebetulan masih pertama kali ya usai pandemi, jadi perlu penyesuaian,” kata Bahasan.

Kepada seluruh peserta, Bahasan pun mengimbau untuk mendalami pemahaman terhadap nilai-nilai agama dan sedini mungkin menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari. Ia juga berpesan agar setiap pemuda pemudi di Kota Pontianak dapat menjalani kehidupan berdasarkan pedoman yang telah digariskan dalam Al-Quran dan Hadits.

“Maknai nilai-nilai Islami, karena selama ini kita menyadari ada stigma sedang terjadi kemerosotan moral dalam anak muda,” tukasnya. (J)

BACA JUGA:  Wabup Kapuas Hulu Pimpin Upacara Pelepasan Keberangkatan Prajurit Bataliyon 644 Walet Sakti ke Papua

Comment