Categories: KesehatanKubu Raya

Konsumsi Ikan Sejak Masa Kehamilan untuk Mencegah Penyakit Stunting

KalbarOnline, Kubu Raya – Untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Posyandu Mekar I-II Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (21/06/2022).

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Lismaryani, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar, Krisna Tandirerung dan Kepala Desa Punggur Kecil, Adi Kuruwa Jaya, beserta jajaran, hadir dalam kegiatan yang mengambil tema “Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Dalam Rangka Mendukung Program Prioritas Nasional Percepatan Penurunan Stunting” tersebut.

Kegiatan ini sekaligus dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan sekaligus pemberian PMT dan paket olahan ikan bagi masyarakat di Desa Punggur Kecil.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Forikan Kalbar yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat menjelaskan, bahwa mengkonsumsi ikan dapat memberikan perkembangan yang baik bagi kesehatan, terutama anak-anak.

“Saya berharap anak-anak berkembang dengan mengonsumsi ikan karena sangat baik untuk kesehatan, terutama jantung,” jelas Lismaryani.

Setiap keluarga di Desa Punggur Kecil, diharapkannya, dapat memperbanyak konsumsi ikan, karena harga ikan yang terjangkau dan potensi daerah yang sangat mendukung.

“Karena stunting di Kabupaten Kubu Raya masih tinggi, saya mengimbau agar bayi dalam kandungan diberi makan ikan agar sehat dan tidak stunting,” ujarnya.

“Dan para orang tua harus lebih kreatif dalam mengolah ikan, seperti diolah menjadi nugget maupun puding,” tambah Lismaryani.

Di akhir kegiatan, bantuan berupa paket olahan ikan secara simbolis diserahkan Ketua Forikan Provinsi Kalbar kepada masyarakat yang hadir pada acara tersebut. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

TP PKK Pontianak Gelar Halal Bihalal

KalbarOnline, Pontianak - Masih dalam suasana Idul Fitri, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak menggelar…

8 hours ago

Usul Pekan Budaya LPM Jadi Agenda Tetap

KalbarOnline, Pontianak - Laskar Pemuda Melayu (LPM) Kalimantan Barat (Kalbar) bekerja sama dengan Pemerintah Kota…

8 hours ago

Ani Sofian Lantik Zulkarnain Jadi Pj Sekretaris Daerah Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian melantik Zulkarnain sebagai Pj Sekretaris Daerah…

9 hours ago

Dinkes Pontianak Ungkap Sejumlah Penyakit yang Berpotensi KLB Tahun Ini

KalbarOnline, Pontianak – Upaya pencegahan penyakit terus menjadi prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Dinas…

9 hours ago

Jumlah Jemaah Haji Asal Pontianak Terbanyak se-Kalbar, Termuda Berusia 20 tahun, Tertua 86 tahun

KalbarOnline, Pontianak - Jumlah jemaah haji dari Kota Pontianak mendominasi dari kabupaten/kota yang ada di…

9 hours ago

Bupati Ketapang Hadiri Acara Hari Ketiga Peresmian Balai Kepatihan Jaga Pati

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan menghadiri acara hari ketiga peresmian Balai Kepatihan Jaga…

11 hours ago