Categories: HeadlinesPontianak

Dear Ibu-ibu, Ria Norsan: Jangan Panic Buying Jelang Ramadan dan Idul Fitri

KalbarOnline, PontianakMasyarakat khususnya ibu-ibu diminta untuk tidak panic buying terhadap kebutuhan bahan pokok di pasar.

Terlebih menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Apalagi stok bahan pokok di pasar masih dalam kategori aman.

“Saya berharap ibu-ibu jangan panik. Seperti saat mendengar minyak goreng langka di pasaran, yang biasa membeli minyak goreng 1 atau 2 liter, jadi membeli 10 liter. Bayangkan jika 1 ibu rumah tangga beli sampai 10 liter, akhirnya menyebabkan kelangkaan minyak goreng di pasaran,” kata Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan.

Ria Norsan menyampaikan itu saat membuka Rapat Koordinasi Daerah terkait barang kebutuhan pokok menjelang puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, di Hotel Golden Tulip, Rabu, 23 Maret 2022.

Dalam Rakornas terkait bahan pokok jelang Ramadan dan Idul Fitri beberapa waktu lalu, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi,menjamin pasokan barang kebutuhan pokok hingga Hari Raya Idul Fitri.

Namun Mendag meminta agar pemerintah daerah tetap mengawasi distribusi bahan pokok ke pasar-pasar di daerah.

“Sesuai arahan Menteri Perdagangan, pemerintah daerah diminta untuk mengawal kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok ke pasar-pasar rakyat di masing-masing wilayah dengan melakukan koordinasi antara Dinas Perhubungan, Pelindo, dan Satgas Pangan Daerah, untuk memberikan prioritas bongkar muat komoditas barang kebutuhan pokok di pelabuhan,” kata Ria Norsan.

Pemerintah Daerah, kata Ria Norsan, juga akan melakukan operasi pasar untuk memberikan akses pangan murah bagi masyarakat menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, serta memastikan kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) beberapa bahan pokok agar tidak terjadi selisih harga di pasaran.

“Selanjutnya, dukungan yang diperlukan dari para pelaku usaha yakni menjaga harga pada tingkat wajar sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah serta tidak melakukan penimbunan barang menjelang dan pada saat bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah,” pungkas  Ria Norsan.

Ria Norsan berharap pendistribusian barang ke gudang dan pasar bisa tepat waktu, baik dalam sisi jumlah dan penyediaan pasokan, agar tidak ada kepanikan di masyarakat. (J)

boskalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
boskalbaronline

Recent Posts

Lutfi Al Mutahar Optimis Jadi Calon yang Diusung PAN di Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Lutfi Al Mutahar meyakini kalau dirinyalah yang akan diusung oleh Partai Amanat…

7 hours ago

Pemkab Kapuas Hulu Raih WTP ke 7 dari BPK RI Perwakilan Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari…

7 hours ago

Sinergi Semua Elemen, KPU Kayong Utara Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024

KalbarOnline, Kayong Utara - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar sosialisasi tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada)…

7 hours ago

Kembalikan Berkas Pencalonan, Sutarmidji Harap Nasdem Bisa Seperti di Periode Lalu

KalbarOnline, Pontianak - Mantan Gubernur Kalbar, Sutarmidji melakukan pengembalian berkas sebagai calon Gubernur Kalbar ke…

7 hours ago

Di PEVS 2024, Dirut PLN Paparkan ke Presiden Jokowi Soal Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik Tanah Air

KalbarOnline, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi booth PT PLN (Persero) dalam…

7 hours ago

Ditanya Peluang Kembali Berpasangan dengan Sutarmidji, Norsan Bantah Abu-abu

KalbarOnline, Pontianak - Mantan Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan kembali ditanya soal peluangnya kembali berpasangan…

8 hours ago