Categories: Sambas

Wagub Ria Norsan Silaturahmi Dengan DMI Sambas

Wagub Ria Norsan Silaturahmi Dengan DMI Sambas

KalbarOnline, Sambas – Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan menghadiri silaturahmi PW DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kalbar dengan PD DMI Kabupaten Sambas. Turut hadir Wakil Ketua DMI Provinsi Kalbar Edi R Yakob, jajaran Forkopimda Kabupaten Sambas, serta Anggota DMI Kabupaten Sambas di Aula PLHUT Kementerian Agama Kabupaten Sambas, Senin (29/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut Wagub yang juga merupakan Ketua DMI Kalbar itu mengatakan, selain menjadi tempat ibadah, masjid juga menjadi tempat pemberdayaan umat di segala aspek.

“Diperlukan sebuah manajemen yang luar biasa dalam pengelolaan masjid, misalkan dalam mensejahterakan masyarakat sekitar dalam pemberdayaan perekonomian,” kata Ria Norsan.

Berdasarkan data yang ada, Provinsi Kalimantan Barat memiliki 3.423 masjid dan jumlah pembangunan masjid di Provinsi Kalimantan Barat akan bertambah.

“Oleh sebab itu, tugas DMI yaitu mencari cara untuk mengajak umat memakmurkan masjid. Dengan jumlah masjid yang begitu banyak, kita juga dituntut untuk mengelola dengan baik. Besar harapan saya agar DMI dapat terbentuk hingga tingga kecamatan dan desa agar umat Islam dapat memakmurkan masjid,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua PD DMI Kabupaten Sambas Hasanusi melaporkan, ada 740 masjid di Kabupaten Sambas, di mana satu kecamatan memiliki beberapa masjid besar, di antaranya Masjid Agung dan Masjid Sejarah.

“Jumlah mushola atau surau sebanyak 427 di seluruh kecamatan. Angka tersebut belum termasuk masjid yang berada di lingkungan kedinasan dan sekolah,” katanya.

Kehadiran Ketua DMI Provinsi Kalbar diharapkan dia dapat memberikan arahan agar pengurus masjid di Kabupaten Sambas bisa menjalankan kepengurusan dengan baik.

“Kami berharap dengan kehadiran Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang juga Ketua DMI Prov Kalbar bisa memberikan arahan atau bimbingan kepada PD DMI Kabupaten Sambas dalam menjalankan tugas pengelolaan masjid yang baik,” tutupnya.

boskalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
boskalbaronline

Recent Posts

Rokidi Duduki Jabatan Penting di Kepengurusan LPTQ Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi menduduki jabatan penting di kepengurusan Lembaga Pengembangan…

2 hours ago

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

17 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

19 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

19 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

19 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

19 hours ago