by

Wagub Ria Norsan Silaturahmi Dengan DMI Sambas

Wagub Ria Norsan Silaturahmi Dengan DMI Sambas

KalbarOnline, Sambas – Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan menghadiri silaturahmi PW DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kalbar dengan PD DMI Kabupaten Sambas. Turut hadir Wakil Ketua DMI Provinsi Kalbar Edi R Yakob, jajaran Forkopimda Kabupaten Sambas, serta Anggota DMI Kabupaten Sambas di Aula PLHUT Kementerian Agama Kabupaten Sambas, Senin (29/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut Wagub yang juga merupakan Ketua DMI Kalbar itu mengatakan, selain menjadi tempat ibadah, masjid juga menjadi tempat pemberdayaan umat di segala aspek.

“Diperlukan sebuah manajemen yang luar biasa dalam pengelolaan masjid, misalkan dalam mensejahterakan masyarakat sekitar dalam pemberdayaan perekonomian,” kata Ria Norsan.

Berdasarkan data yang ada, Provinsi Kalimantan Barat memiliki 3.423 masjid dan jumlah pembangunan masjid di Provinsi Kalimantan Barat akan bertambah.

Wagub Ria Norsan Silaturahmi Dengan DMI Sambas

“Oleh sebab itu, tugas DMI yaitu mencari cara untuk mengajak umat memakmurkan masjid. Dengan jumlah masjid yang begitu banyak, kita juga dituntut untuk mengelola dengan baik. Besar harapan saya agar DMI dapat terbentuk hingga tingga kecamatan dan desa agar umat Islam dapat memakmurkan masjid,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua PD DMI Kabupaten Sambas Hasanusi melaporkan, ada 740 masjid di Kabupaten Sambas, di mana satu kecamatan memiliki beberapa masjid besar, di antaranya Masjid Agung dan Masjid Sejarah.

“Jumlah mushola atau surau sebanyak 427 di seluruh kecamatan. Angka tersebut belum termasuk masjid yang berada di lingkungan kedinasan dan sekolah,” katanya.

Kehadiran Ketua DMI Provinsi Kalbar diharapkan dia dapat memberikan arahan agar pengurus masjid di Kabupaten Sambas bisa menjalankan kepengurusan dengan baik.

“Kami berharap dengan kehadiran Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang juga Ketua DMI Prov Kalbar bisa memberikan arahan atau bimbingan kepada PD DMI Kabupaten Sambas dalam menjalankan tugas pengelolaan masjid yang baik,” tutupnya.

BACA JUGA:  19 Komoditas Unggulan Kalbar Dalam Gebyar Ekspor Capai Rp291 Miliar

Comment