Categories: Kubu Raya

Pemkab Kubu Raya Komitmen Wujudkan Pendidikan Inklusi Bagi Anak Difabel

Pemkab Kubu Raya Komitmen Wujudkan Pendidikan Inklusi Bagi Anak Difabel

KalbarOnline, Kubu Raya – Sebagai upaya inklusi penyetaraan anak-anak difabel khususnya bisu tuli, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sejak tanggal 1 Oktober 2021 membuka kelas Training of Trainer (ToT) bahasa isyarat yang melibatkan guru dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Ini merupakan upaya inklusi, kesetaraan, jangan sampai anak-anak yang difabel ini tidak bisa sekolah,” ujar Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Selasa (19/10/2021).

Muda mengatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tidak menginginkan adanya pengecualian, anak-anak yang difabel juga seharusnya bisa mendapatkan pendidikan.

“Kita melibatkan perwakilan dari dinas-dinas supaya pergaulan mereka juga lebih luas, ketika mereka datang ke dinas-dinas nantinya, tidak perlu ditemani orang, karena di dinas sudah ada yang melayani mereka dengan bahasa isyarat,” terang Muda.

Muda menerangkan, ToT bahasa isyarat yang diprogramkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya ini akan terus berlanjut, untuk itu dilibatkanlah guru mewakili PAUD, SD, SMP dan mewakili SMA, dengan harapan guru-guru perwakilan ini dapat melatih guru-guru yang lainnya.

“Ke depannya kita harapkan ada sekolah yang ditunjuk, bisa menerima anak dengan keterbatasan tuli dan bisu, walaupun hanya 3 atau 4 anak, ada kelas khusus, sehingga dia juga bisa terdidik. Jangan sampai ada yang tidak sekolah,” katanya.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga memprogramkan di tahun 2022, mewajibkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) satu tahun pra sekolah, atau satu tahun sebelum memasuki Sekolah Dasar (SD).

“Supaya anak-anak mendapatkan proses transisinya, dan dapat menyesuaikan ketika masuk Sekolah Dasar,” kata Muda Mahendrawan.

boskalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
boskalbaronline

Recent Posts

Windy Sebut Gawai Dayak Sangat Potensial Masuk ke Kalender Event Nusantara Kemenparekraf

KalbarOnline, Pontianak - Salah satu event wisata budaya yang digelar setiap tahun di Rumah Radakng,…

57 mins ago

Gawai Dayak di Pontianak Tahun Ini Akan Ada Karnaval Air

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-XXXVIII Tahun 2024 Kalimantan Barat akan digelar pada 20…

59 mins ago

Sarina, Finalis Putri Hijabfluencer Kalbar 2024 Asal Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Sarina (18 tahun) lahir di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten…

8 hours ago

Hadapi Seleksi STQ dan TC, Pengurus LPTQ KKU Audiensi ke Pj Bupati Romi Wijaya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan…

8 hours ago

Kalbar Siap Sajikan Tarian Terbaik pada Gelaran Akbar di IKN

KalbarOnline, Pontianak - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) secara nasional…

11 hours ago

Tim Penari Hasil Audisi Pemprov Kalbar Siap Meriahkan Rangkaian HUT 79 RI di IKN

KalbarOnline, Pontianak - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal…

11 hours ago