Categories: Ketapang

Babinsa Kodim 1203/Ketapang Dorong Warganya Tingkatkan Penghasilan Keluarga

Babinsa Kodim 1203/Ketapang Dorong Warganya Tingkatkan Penghasilan Keluarga

KalbarOnline, Ketapang – Seperti biasa, Koptu Andi Sugianto Babinsa Sungai Awan Kiri Koramil 1203-12/Delta Pawan, melaksanakan komsos menjalin silaturahmi, hari ini sasaran komsos di rumah Ferdi yang berlokasi di Dusun Pematang Merbau Desa Sungai Awan Kiri Kecamatan Muara Pawan Ketapang, Kamis (3/6/2021).

Ferdi salah satu warganya yang merupakan remaja, baru-baru ini memulai usaha berternak madu klanceng, di pekarangan rumahnya sinilah Koptu Andi Sugianto sangat terkesan dengan apa yang dilakukan Ferdi. Perbincangan berlanjut dengan penuh keakraban.

“Kotak lebah ini bisa diperbanyak lagi Ferdi, kan hanya dengan bermodal kotak dari kayu bekas kemudian memastikan lebah nyaman untuk tinggal. Setelah itu tinggal menunggu hasilnya,” kata Koptu Andi menyemangati.

“Bila ditekuni, pembudidayaan lebah klanceng di lahan pekarangan rumah dapat menjadi penghasilan tambahan keluarga. Selain itu kelebihan dari lebah ini tidak memiliki sengatan sehingga aman dibudidayakan,” tambah Koptu Andi Sugianto.

Saya baru coba-coba Pak Babinsa untuk berternak madu klanceng, karena tidak perlu repot mencarikan makanan untuk lebah tersebut, sebab lebah dapat mencari makan sendiri asal lingkungannya mendukung,” kata Ferdi.

Sementara Danramil 1203-12/Delta Pawan lettu Inf Suyatno mengatakan, apa yang dilakukan oleh Koptu Andi yang mendorong warganya ini sebagai wujud kepedulian dan dukungan serta pendampingan masyarakat dalam meningkatkan taraf ekonomi keluarga melalui ternak lebah klanceng.

“Teruskan berbuat yang terbaik untuk masyarakat,” tutupnya. (Pendim 1203)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

7 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

9 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

9 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

9 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

9 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

9 hours ago