DPD BKNDI Kabupaten Ketapang Siap Gelar Seminar Koperasi dan UMKM

DPD BKNDI Kabupaten Ketapang Siap Gelar Seminar Koperasi dan UMKM

KalbarOnline, Ketapang – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi Nasional Desa Se-Indonesia (BKNDI) Kabupaten Ketapang telah menyusun sejumlah agenda kegiatan yang siap di gelar di penghujung tahun 2020. Diantaranya Kerjasama antara DPD BKNDI dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang untuk menyelenggarakan seminar atau workshop mengenai Koperasi, UMKM dan Industri kreatif se-Kabupaten Ketapang.

Seminar Koperasi, UMKM dan Industri kreatif tersebut renacanya akan dilaksanakan bersamaan dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD BKNDI Kabupaten Ketapang, dimana saat ini panitia kegiatan masih berkoordinasi dengan pihak Pemkab Ketapang dan pejabat terkait.

Ketua DPD BKNDI Kabupaten Ketapang, Rini Nugraha mengatakan kalau pihaknya telah mensosialisasikan keberadaan DPD BKNDI kepada Pemkab Ketapang. Sehingga dalam penyelenggaraannya nanti dirinya berharap mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Baca Juga :  Wabup Farhan Serahkan Remisi 354 Napi Lapas Ketapang

“Dalam seminar koperasi UMKM dan industri kreatif nanti panitia akan mengundang Kementrian Koperasi UMKM, Kementrian Desa, Dirjen IKMA Kemenperin serta Lembaga Keuangan penyalur KUR dan juga Bank bank syariah,” katanya, Minggu (1/11/2020).

Rini Nugraha juga menyebutkan kalau dalam seminar yang akan dilaksanakan pihaknya nanti akan mengangkat tema “Menggali Potensi Desa Melalui Pengembangan Koperasi UMKM dan Industri Kecil bersama BKNDI”.

“Untuk itu perlu juga menghadirkan lembaga keuangan penyalur kredit bagi usaha kecil. Pada seminar nantinya akan disampaikan materi mengenai tata kelola manajemen keuangan dan pemasaran Koperasi dan umkm, kemudian ada materi mengenai tata cara dan tips menyusun proposal pengajuan kredit KUR dan mengelola kredit produktif untuk mengembangkan koperasi UMKM dan Industri kreatif,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua DPD BKNDI Kabupaten Ketapang, Dwi Rahmat Zuhri menjelaskan seputar Rakerda DPD BKNDI Kabupaten Ketapang. Ia menyatakan pentingnya Rakerda ini diselenggarakan mengingat Keberadaan BKNDI di Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Ketapang sudah banyak dukungan dari pejabat daerah.

Baca Juga :  Seorang Pemuda di Manis Mata Ditemukan Tewas Gantung Diri : Sempat Bertengkar Dengan Istri

“Sehingga BKNDI Ketapang harus mampu menyusun agenda kegiatan yang memberikan manfaat bagi kemaslahatan masyarakat di kabupaten Ketapang,” ujarnya.

Ia juga menambahkan kalau pada Rakerda nanti akan mengambil tema ‘Peran Serta BKNDI Dalam Membangun Desa Mandiri Sebagai Manifestasi Pemahaman Empat Pilar MPR RI’. Ia berharap keberadaan BKNDI di Ketapang nantinya harus mampu membantu Pemda dalam membangun desa mandiri.

“Sosialisasi empat pilar MPR RI, juga menjadi materi yang akan disampaikan dalam Rakerda tersebut, Untuk itu BKNDI akan mengundang Bapak H. Bambang Soesatyo, SE., MBA. menyampaikan langsung materi itu,” tutupnya. (Adi LC)

Comment