Categories: Ketapang

Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Tua di Jalan Gatot Subroto Ketapang Tumbang

Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Tua di Jalan Gatot Subroto Ketapang Tumbang

KalbarOnline, Ketapang – Hujan disertai angin kencang yang melanda kawasan Kota Ketapang pada siang hari tadi mengakibatkan satu pohon besar yang sudah cukup tua tumbang.

Akibatnya ruas Halan Gatot Subroto Desa Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan sempat tak bisa dilewati karena pohon yang melintang, Kamis (1/4/2021).

“Kaget juga karena tiba tiba saja pohon besar di dekat dealer mobil Hino tumbang, mungkin karena angin kencang,” ujar wandi, satu diantara warga yang menyaksikan peristiwa itu.

Meskipun sempat kaget, Wandi bersyukur pohon besar jenis Akasia yang tumbang itu tidak mengenai mobil atau pengendara motor yang lewat. Pohon itu hanya menimpa aliran kabel listrik dan Telkom yang terbentang di bahu jalan.

“Kita harap pihak teekait dapat melakukan perawatan teehadap pohon-pohon besar tua yang ada di pinggir jalan. Soalnya kalau angin kencang risih juga kita,” ujarnya.

Saat ini tim Damkar kabupaten Ketapang telah turun ke lokasi untuk melakukan evakusi dengan menggergaji pohon besar yang tumbang tersebut guna untuk memperlancar arus lalu lintas di kawasan itu.

Sementara berdasarkan data dari BMKG Rahadi Oesman Ketapang, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kabupaten Ketapang sekitar pukul 03.30 UTC atau 10.00 WIB dengan kecepatan angin tercatat 65 km/jam.

Fenomena angin kencang ini secara umum disebabkan karena adanya awan Comulonimbus (CB) dengan potensi menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat (downburst). Semakin besar diameter awan CB maka semakin besar semakin besar potensi angin kencang yang di timbulkan. (Adi LC)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: Ketapang

Recent Posts

Peringatan Hardiknas 2024, Pj Bupati Romi: Mengenang Perjalanan Merdeka Belajar

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)…

5 hours ago

Tim Jatanras Polresta Pontianak Tangkap Komplotan Pencuri Kabel, Satu Orang Masih Buron

KalbarOnline, Pontianak - Tim Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak berhasil menangkap komplotan pencurian kabel listrik…

5 hours ago

Warga MHS Ketapang Dihebohkan ODGJ Gorok Leher Sendiri Hingga Tewas

KalbarOnline, Ketapang - Warga Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) dibuat heboh dengan…

5 hours ago

Kadiskop UKM Kalbar Turun Langsung Monitoring Tumbuh Kembang Anak Asuh Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar, Junaidi bersama Anggota Korps Pegawai Republik…

6 hours ago

Pimpin Upacara Hardiknas, Harisson Serukan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan…

6 hours ago

Lutfi Al Mutahar Optimis Jadi Calon yang Diusung PAN di Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Lutfi Al Mutahar meyakini kalau dirinyalah yang akan diusung oleh Partai Amanat…

19 hours ago