by

Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Tua di Jalan Gatot Subroto Ketapang Tumbang

Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Tua di Jalan Gatot Subroto Ketapang Tumbang

KalbarOnline, Ketapang – Hujan disertai angin kencang yang melanda kawasan Kota Ketapang pada siang hari tadi mengakibatkan satu pohon besar yang sudah cukup tua tumbang.

Akibatnya ruas Halan Gatot Subroto Desa Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan sempat tak bisa dilewati karena pohon yang melintang, Kamis (1/4/2021).

“Kaget juga karena tiba tiba saja pohon besar di dekat dealer mobil Hino tumbang, mungkin karena angin kencang,” ujar wandi, satu diantara warga yang menyaksikan peristiwa itu.

Meskipun sempat kaget, Wandi bersyukur pohon besar jenis Akasia yang tumbang itu tidak mengenai mobil atau pengendara motor yang lewat. Pohon itu hanya menimpa aliran kabel listrik dan Telkom yang terbentang di bahu jalan.

“Kita harap pihak teekait dapat melakukan perawatan teehadap pohon-pohon besar tua yang ada di pinggir jalan. Soalnya kalau angin kencang risih juga kita,” ujarnya.

Saat ini tim Damkar kabupaten Ketapang telah turun ke lokasi untuk melakukan evakusi dengan menggergaji pohon besar yang tumbang tersebut guna untuk memperlancar arus lalu lintas di kawasan itu.

Sementara berdasarkan data dari BMKG Rahadi Oesman Ketapang, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kabupaten Ketapang sekitar pukul 03.30 UTC atau 10.00 WIB dengan kecepatan angin tercatat 65 km/jam.

Fenomena angin kencang ini secara umum disebabkan karena adanya awan Comulonimbus (CB) dengan potensi menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat (downburst). Semakin besar diameter awan CB maka semakin besar semakin besar potensi angin kencang yang di timbulkan. (Adi LC)

Comment

News Feed