Categories: HeadlinesPontianak

MPN PP Harap Muswillub MPW PP Kalbar Lahirkan Pemimpin yang Komitmen Memajukan Organisasi

MPN PP Harap Muswillub MPW PP Kalbar Lahirkan Pemimpin yang Komitmen Memajukan Organisasi

KalbarOnline, Pontianak – Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswillub). Adapun agenda utama dalam Muswillub ini ialah pemilihan Ketua MPW PP Kalbar definitif pasca sepeninggal Firman Muntaco sebagai ketua sebelumnya.

Sekjend Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, Arief Rahman yang hadir membuka langsung Muswillub itu menegaskan bahwa agenda tersebut merupakan hal normatif di dalam tubuh organisasi.

“Muswillub ini diselenggarakan karena Ketua MPW defenitif sebelumnya meninggal dunia di tengah perjalanan tugas menjadi Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Kalimantan Barat,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (20/2/2021).

Oleh MPN, lanjut Arief, MPW PP Kalbar diminta untuk menyelenggarakan Muswillub. Sehingga ditunjuklah Pelaksana Tugas untuk ditugaskan mempersiapkan pelaksanaan Muswillub dalam rangka memiliih ketua selanjutnya.

“Karena ada keputusan MPN terkait penyeragaman masa periodesasi. Maka ketua (yang akan) terpilih ini hanya akan menjalankan amanah hingga 2022. Hal ini berkaitan dengan konsolidasi organisasi dan merupakan program yang harus dilaksanakan,” jelasnya.

Arief yang juga merupakan Staf Khusus Wakil Presiden ini mengakui, dalam konteks pemilihan pasti akan ada pertarungan. Pada prinsipnya tegas Arief, MPN Pemuda Pancasila selalu mengedepankan musyawarah untuk mencapai mufakat. Hal ini pula yang diharapkan Arief dapat diikuti secara linier oleh MPW, MPC dan seterusnya.

“Seluruh MPC dan MPW yang memiliki hak suara akan menentukan. Kita juga memiliki hak suara, hanya memang kita netral, tapi kita berharap Muswillub ini bisa menghasilkan pemimpin yang punya komitmen, integritas, kapabilitas untuk memimpin MPW PP Kalimantan Barat,” tegasnya.

“Agenda utama pelaksanaan Muswillub ini pemilihan ketua dalam rangka melanjutkan konsolidasi hingga 2022. Ketua terpilih wajib melakukan konsolidasi sehingga tidak seenak-enaknya. MPN juga akan melakukan evaluasi jika memang tidak mampu maka akan di-karateker-kan. Kita bicara sistem dan organisasi, kita berharap ketua terpilih merupakan pilihan murni dari pengurus MPC se-Kalbar. Figur yang memang layak dan bisa membawanya kemajuan untuk Provinsi Kalbar,” tandasnya.

Satu nama yang muncul dipastikan maju dalam bursa calon Ketua MPW PP Kalbar dalam Muswillub ini ialah Uti Zulkifli, Plt Ketua MPW PP Kalbar. Dia menegaskan, perintah organisasi dalam hal ini konsolidasi sudah dilaksanakan pihaknya.

“Kemudian musyawarah wilayah. Kami berkeinginan sama untuk menjunjung tinggi terhadap siapapun yang terpilih. Jika saya masih diharapkan untuk memimpin kedepan maka tentu saya siap,” pungkasnya.

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Buntut Perkara “Potong Kompas” di Waterfront Sambas, Sejumlah Media Online Bakal Disomasi

KalbarOnline, Pontianak - Kendati Iskandar Zulkarnaen sudah habis-habisan membantah bahwa tidak ada kalimat “perintah Sutarmidji”…

6 hours ago

Rayakan Hari Kemenangan, PLN Gelar Halal Bihalal Bersama Anak-Anak Panti Asuhan

KalbarOnline.com – Dalam momen hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) Unit Induk…

8 hours ago

Mantapkan Diri Maju di Pilwako Pontianak 2024, Akbar Rahmad Putra Daftar ke PKS

KalbarOnline, Pontianak – Akbar Rahmad Putra, seorang dokter berusia 27 tahun terus memantapkan dirinya sebagai…

9 hours ago

Terima Manfaat dari Program Konsolidasi Tanah, Warga Terdampak Bencana Likuefaksi Palu Kini Miliki Hunian yang Layak dan Nyaman

KalbarOnline.com, Nasional - Program Konsolidasi Tanah merupakan bentuk penataan kembali suatu kawasan juga penguasaan tanah…

10 hours ago

Rakor GTRA Kalbar: Revitalisasi Gugus Tugas Reforma Agraria Untuk Kalimantan Barat Sejahtera

KalbarOnline.com, Pontianak - Sehubungan dengan percepatan pelaksanaan Reforma Agraria, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan…

10 hours ago

Sekda Ketapang Buka Kegiatan Gelar Talenta Pendidikan Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo membuka Gelar Talenta Pendidikan…

16 hours ago