Categories: Nasional

Jokowi: Pedagang Pasar bisa Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19 Berikutnya

KalbarOnline.com – Presiden RI Joko Widodo mengatakan lapisan masyarakat yang memiliki tingkat interaksi dan mobilitas tinggi seperti pedagang pasar dan pelaku di sektor jasa mungkin bisa menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 berikutnya setelah petugas pelayanan publik.

’’Minggu depan ini (vaksinasi) masuk ke pelayanan publik yang berhubungan dengan masyarakat, kemudian masyarakat mungkin yang interaksinya tinggi, mobilitasnya tinggi, misalnya pasar, misalnya di sektor-sektor jasa yang padat interaksi, segera lakukan, bukan orang per orang, karena kita ingin vaksinasi itu klaster,’’ kata Presiden Jokowi saat membuka Munas VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/2), seperti dikutip dari Antara.

Presiden mengatakan, pemerintah ingin memagari lapisan-lapisan masyarakat agar dapat menurunkan tingkat penularan Covid-19.

Maka dari itu, Presiden meminta pemerintah daerah juga membuat perencanaan detail mengenai sasaran vaksinasi Covid-19 ke berbagai lapisan masyarakat. Kelompok masyarakat yang rentan termasuk yang lanjut usia, diminta Presiden, turut menjadi prioritas. ’’Pemerintah pusat sedang berusaha keras untuk mendapatkan tambahan vaksin dari berbagai sumber. Vaksin ini produsennya tidak banyak, tapi direbutkan oleh 215 negara,’’ ujar dia.

Kepala Negara juga meminta pemerintah daerah mempersiapkan secara optimal tenaga vaksinator dan manajemen pelaksanaan vaksin di lapangan. Perlu ada pelaksanaan vaksinasi massal di tempat-tempat umum seperti Gedung Olahraga ataupun Balai Kota, selain yang dilakukan di Puskesmas. ’’Sehingga secara harian ini kita bisa lakukan (vaksinasi) dalam jumlah yang banyak sehingga tercapai herd immunity (kekebalan komunal),’’ ujarnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pelaku Curanmor Depan Pangkas Rambut Pontianak Utara Ditangkap Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Satu pelaku pencurian sepeda motor di depan pangkas rambut Jalan Gusti Situt…

8 hours ago

Sujiwo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacabup Kubu Raya ke PDI Perjuangan

KalbarOnline, Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019 - 2024, Sujiwo secara resmi…

8 hours ago

KalbarOnline.com bersama Puluhan Pemred se Indonesia Teken Deklarasi ICEC

KalbarOnline, Palembang - Hari Pers Internasional atau World Press Freedom Day yang jatuh setiap tgl…

8 hours ago

Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat Ringkus Pencuri Sepeda Motor

KalbarOnline, Pontianak - Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat mengamankan seorang laki-laki bernama Roby (25 tahun)…

11 hours ago

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

18 hours ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

19 hours ago