Categories: Sekadau

MTAMT Resmi Tutup Perayaan Maulid Tradisional di Zona 2 Sekadau

MTAMT Resmi Tutup Perayaan Maulid Tradisional di Zona 2 Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Setelah berkeliling dari masjid ke masjid, surau ke surau se-Kabupaten Sekadau, perayaan Maulid Tradisional yang digelar Majelis Ta’lim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Kabupaten Sekadau di zona 2 yang meliputi Kecamatan Nanga Taman dan Nanga Mahap resmi ditutup. Penutupan maulid tradisional 1442 Hijriah ini ditutup langsung oleh Ketua MTAMT Sekadau, Haji Abdul Bakar yang berlangsung di Masjid At-Taubah, Desa Mongko Hilir, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Rabu (10/2/2021).

Acara penutupan maulid tradsional di Desa Mongko Hilir ini berlangsung sederhana tapi meriah dan diikuti warga setempat dengan aturan protokol kesehatan Covid-19 dengan menerapkan 3M.

Ketua Masjid At-Taubah Desa Mongko Hilir, Mohammad Jaman mengatakan, tradisi maulid tradisional ini sudah dari turun temurun dilakukan warga setempat.

“Ini merupakan ajang silaturahmi warga yang datang dari jauh ke rumah saudara yang lebih tua atau orang-orang yang dituakan di Desa Mongko Hilir,” ujarnya.

Melalui perayaan Maulid Nabi Muhammad ini juga, kata Mohammad, diharapkan dapat meneladani sifat-sifat nabi dengan cara meningkatkan ukhuwah silaturahmi dan saling maaf-memaafkan.

“Kegiatan ini harus dilestarikan karena kental nuansa budaya dan religi. Diharapkan pada tahun mendatang peningkatan ada peningkatan lebih bagus lagi. Semoga Covid-19 ini cepat hilang di bumi Indonesia ini,” tandasnya.

Maulid tradisional juga diisi dengan gunting rambut balita setempat dan sarakal puji-pujian kepada Baginda Rasulullah, dilanjutkan dengan Sholat Zuhur berjamaah dan makan bersama.

Dalam kegiatan tersebut Ketua MTAMT, Haji Abdul Bakar yang sekaligus memberikan tausiyah mengajak para jamaah maulid tradisional untuk selalu kompak, menjaga kesehatan dan patuhilah protokol kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Harian MTAMT Sekadau, H. Zarkasi Effendi dan jajaran pengurus MTAMT Sekadau, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh jamaah yang berasal dari berbagai daerah di Sekadau. (Mus)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Kendalikan Inflasi di Daerah, Pemkab Kayong Utara Sinergi Semua Elemen

KalbarOnline, Kayong Utara - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara, Rene Reinaldy hadir dalam…

4 hours ago

Bupati Kapuas Hulu Hadiri Perayaan Syukuran Panen Padi di Desa Tanjung Karang

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri acara Dange atau Gawai Dayak di…

9 hours ago

Wabup Ketapang Lepas Siswa Peserta Calon Paskibraka Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Farhan melepas secara resmi keikutsertaan siswa peserta Calon…

9 hours ago

Pria di Kubu Raya Lakukan Aksi Pencurian di 11 TKP Demi Sabu dan Judi Slot

KalbarOnline, Kubu Raya - Seorang pria berinisial DN (23 tahun), warga Kabupaten Kubu Raya ditangkap…

9 hours ago

Diduga Lakukan Pelecehan ke ART dan Anak Angkat, Oknum Anggota Polres Kayong Utara Dilaporkan

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang oknum polisi di Kayong Utara diduga telah melakukan pelecehan terhadap…

9 hours ago

Kamaruzaman Penuhi Panggilan Pemeriksaan Kejati Kalbar Sebagai Saksi Kasus Dana Hibah Yayasan Mujahidin

KalbarOnline, Pontianak - Syarif Kamaruzaman memenuhi panggilan penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat sebagai saksi…

9 hours ago