Categories: Internasional

Tempat Awal Pandemi Covid-19, Kini Wuhan Kota Paling Aman di Dunia

KalbarOnline.com – Satu tahun berlalu, pandemi Covid-19 seolah sudah berangsur lenyap di Wuhan, Tiongkok. Wuhan yang menjadi tempat munculnya wabah, bahkan sudah berpesta merayakan tahun baru tanpa menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Para penduduk di sana kini berbangga dan menjuluki Wuhan sebagai kota paling aman dari Covid-19.

“Wuhan adalah kota teraman di Tiongkok sekarang, bahkan di seluruh dunia,” ujar penduduk Wuhan berusia 66 tahun, Xiong Liansheng.

“Kesadaran orang-orang Wuhan tentang pencegahan dan pengendalian epidemi sangat tinggi bahkan cucu saya yang berusia dua tahun akan mengenakan masker saat keluar,” ungkap Xiong seperti dilansir dari Daily Mail, Senin (11/1).

Baca juga: Wuhan yang Mencekam saat Awal Munculnya Covid-19, Kini Semakin Ceria

Wuhan juga cepat bereaksi ketika muncul kasus baru. Wuhan langsung menutup tempat umum seperti pasar setelah pengujian massal terdapat kasus positif Covid-19.

Sementara itu, setelah perselisihan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, Tiongkok akhirnya mengatakan para ahli independen dari WHO diizinkan masuk ke Wuhan pada Kamis (14/1) mendatang. Sehingga ahli WHO bisa menelusuri kembali secara rinci awal virus di Wuhan.

Wuhan kini telah bangkit kembali dan penduduknya menikmati kebebasan. Bisa bebas ke kantor, dan yang lainnya berjalan di sepanjang tepi sungai, sangat kontras dengan negara-negara yang masih dikunci dan dibatasi secara ketat.

Pasangan lansia menari, beberapa orang masih bermasker, tetapi tetap saja sudah longgar batas sosialnya. “Semua orang Wuhan merasa sangat aman di kota, dan kami datang ke sini dan menari dengan gembira setiap hari,” kata warga.

Wuhan memang bisa dibilang mulai normal, namun kota lain di Tiongkok masih waspada. Salah satunya di Provinsi Hebei, Tiongkok utara. Terdapat 127 kasus Covid-19 baru, ditambah 183 infeksi tanpa gejala tambahan, dalam seminggu terakhir. Sebagian besar ditemukan di Shijiazhuang. Sembilan kasus yang dikonfirmasi terjadi di kota tetangga Xingtai.

Lonjakan kasus itu terjadi ketika tim penyelidik Organisasi Kesehatan Dunia yang menyelidiki asal-usul pandemi Covid-19 akan tiba di Wuhan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pj Gubernur Kalbar Resmikan GOR Terpadu Ayani Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Terpadu A. Yani Pontianak yang berlokasi di kawasan…

1 hour ago

Pemkot Pontianak Salurkan 41 Hewan Kurban, Salat Idul Adha Digelar di Depan Kantor Wali Kota

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menyalurkan sebanyak 41 hewan kurban sapi untuk dibagikan…

3 hours ago

Pj Wako Sebut Persyaratan Lunas PBB di PPDB Sifatnya Edaran, Dilampirkan Saat Siswa Dinyatakan Diterima

KalbarOnline, Pontianak - Terkait pemberlakuan bukti lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai salah satu…

3 hours ago

Kapolsek Pulau Maya Beri Pembinaan Cegah Bullying di SMP Negeri 03 Pulau Karimata Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Kapolsek Pulau Maya Karimata, IPDA Abu Mansur beserta personel Bhabinkamtibmas  mengunjungi…

3 hours ago

Pemkot Pontianak Larang Penggunaan Kantong Plastik untuk Daging Kurban

KalbarOnline, Pontianak - Pemerintah Kota Pontianak melarang panitia kurban menggunakan kantong plastik sebagai wadah daging…

3 hours ago

Segini Biaya Pembangunan GOR Terpadu Ayani Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Gedung Olahraga (GOR) Terpadu Ahmad Yani (A. Yani) di Kawasan Gelora Khatulistiwa…

3 hours ago