Categories: Nasional

GeNose dan CePAD Siap Beredar, Menko PMK: Jangan Mubazir

KalbarOnline.com – Perguruan tinggi Indonesia berhasil menciptakan alat untuk deteksi dini Covid-19, yakni GeNose C19 milik Universitas Gadjah Mada (UGM) dan CePAD hasil inovasi Universitas Padjajaran (Unpad). GeNose merupakan alat deteksi lewat hembusan nafas dan CePAD merupakan alat rapid antigen.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy pun berharap dua inovasi anak bangsa ini digunakan secara masif dan tidak disia-siakan pemanfaatannya.

“Semoga ini tidak mubazir hanya gara-gara kita gagal melakukan sosialisasi dan promosi. Padahal jelas alat-alat ini sangat baik yang sangat handal,” terang dia dalam telekonferensi pers Penyerahan GeNose C19, Kamis (7/1).

Untuk bisa dimanfaatkan secara luas, pihaknya akan melakukan pemantauan untuk pengembangan serta perbaikan dari GeNose dan CePAD. Di mana ia menyadari bahwa produk baru diharuskan untuk mendapatkan perhatian untuk aplikasinya.

Baca Juga: Kemenko PMK Harapkan GeNose dan CePAD Dapat Segera Dimanfaatkan

“Produk baru pasti masih banyak kekurangan biasanya. Maka dari itu harus diadakan perbaikan dan untuk bisa melakukan perbaikan salah satunya adalah dengan melakukan evaluasi dari konsumen,” jelasnya.

Selain itu, perlu juga perhatian untuk ketersediaan alat baku produksi alat tersebut. Dia berharap tidak ada kendala untuk pengalokasian bahan baku pembuatan GeNose dan CePAD.

“Jangan sampai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mendukung alat ini tidak ada. Ini harus ditata dengan baik,” tutur dia.

Selain itu, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap daerah mana saja yang akan memanfaatkan alat tersebut. Serta juga mendengar keluhan masyarakat untuk kemajuan produk itu sendiri.

“Misal yang dianggap yang kurang enak itu misalnya dalam tabung GeNose untuk menampung udara dari nafas misalnya itu. Jadi harus dikembangkan yang lebih kreatif, misalnya dengan bahan-bahan yang bisa di recycle,” pungkas Muhadjir.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Komunitas Energi Muda Dukung Sugioto Maju Wakil Wali Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Komunitas Energi Muda Pontianak menyatakan dukungannya kepada Sugioto untuk maju mencalonkan diri…

9 hours ago

Pj Gubernur Kalbar Resmikan GOR Terpadu Ayani Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Terpadu Ayani Pontianak yang berlokasi di kawasan Gelora…

13 hours ago

Pemkot Pontianak Salurkan 41 Hewan Kurban, Salat Idul Adha Digelar di Depan Kantor Wali Kota

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menyalurkan sebanyak 41 hewan kurban sapi untuk dibagikan…

15 hours ago

Pj Wako Sebut Persyaratan Lunas PBB di PPDB Sifatnya Edaran, Dilampirkan Saat Siswa Dinyatakan Diterima

KalbarOnline, Pontianak - Terkait pemberlakuan bukti lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai salah satu…

15 hours ago

Kapolsek Pulau Maya Beri Pembinaan Cegah Bullying di SMP Negeri 03 Pulau Karimata Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Kapolsek Pulau Maya Karimata, IPDA Abu Mansur beserta personel Bhabinkamtibmas  mengunjungi…

15 hours ago

Pemkot Pontianak Larang Penggunaan Kantong Plastik untuk Daging Kurban

KalbarOnline, Pontianak - Pemerintah Kota Pontianak melarang panitia kurban menggunakan kantong plastik sebagai wadah daging…

15 hours ago