Categories: Nasional

Di Surabaya, Pengusaha Tahu Tempe Digelontor Kedelai Murah

KalbarOnline.com – Dinas Perdagangan (Disdag) Surabaya mendistribusikan kedelai murah ke produsen tahu-tempe, Rabu (6/1). Salah satunya di Kampung Tempe Tenggilis Kauman. Delapan pelaku usaha memperoleh bahan baku yang lebih murah daripada harga pasaran.

Harga kedelai yang melambung tinggi membuat sejumlah produsen tempe di Kampung Tempe Tenggilis Kauman sambat. Mereka terbentur daya beli konsumen. Di sisi lain, ongkos produksi tidak bisa ditekan lagi.

Alhasil, mereka mengurangi ukuran tempe. ”Ukurannya dikecilkan, tapi harga jual seperti biasa. Kalau dinaikkan, tidak ada yang mau beli,” ujar Sekretaris Kampung Tempe Ghofur Nur Rochim.

Bukan hanya itu, produsen mengurangi jumlah produksi. Ghofur mengatakan, biasanya mereka mampu memproduksi hingga 1,5 kuintal. Namun, sekarang tidak sampai 100 kg. ”Yang kami beratkan adalah kenaikan harga yang begitu drastis. Kami sebenarnya tidak mempermasalahkan naik, asalkan tidak seperti saat ini. Hampir tiap hari ada perubahan harga, pusing jadinya,” ungkapnya.

Kemarin pengusaha tempe mulai bisa bernapas lega. Pasalnya, Disdag Surabaya menggelar operasi pasar kedelai impor. Harganya Rp 8.500 per kg. Sementara itu, di pasaran masih dibanderol Rp 9.200–10.000 per kg. Di sisi lain, harga acuan penjualan di konsumen (HAPK) ada di level Rp 6.800.

Baca Juga: Utang Rp 1,3 Miliar lewat WA, Uang Habis untuk Main Saham

Kabid Distribusi Disdag Surabaya Trio Wahyu Bowo menyatakan, pada tahap awal, didistribusikan 4 ton kedelai. Seluruhnya diperuntukkan usaha tahu-tempe. ”Selain itu tidak bisa. Sebab, hanya khusus produsen tahu dan tempe,” terangnya.

Pihaknya berusaha menyediakan harga murah agar usaha kecil dan menengah (UKM) tetap dapat berproduksi. Apalagi, tahu-tempe merupakan bahan pangan yang sudah merakyat. Akan berdampak luas jika ada fluktuasi harga. 

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Remaja di Landak Bunuh Diri Karena Tak Diizinkan Pergi Memancing

KalbarOnline, Landak - Seorang remaja (16 tahun) di Kecamatan Kuala Behe, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat…

2 hours ago

Pj Gubernur Kalbar Dorong Pekan Gawai Dayak Bisa Masuk Kalender Event Nasional

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan, bahwa sejak tahun 2016 lalu,…

2 hours ago

Kalbar Dukung Daud Yordan Rebut Titel Juara Dunia ke-4 pada September Mendatang

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalbar, Harisson menerima kunjungan dari petinju dunia asal Kalimantan Barat,…

2 hours ago

Pj Gubernur Harisson Ajak Asosiasi Dosen Indonesia Bersama Membangun Daerah

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson memberikan sambutan pada acara Pelantikan Dewan Pengurus…

2 hours ago

Bukan Tidak Mungkin, Windy Sebut Anak Stunting Pun Bisa Jadi Presiden di Masa Depan

KalbarOnline, Kubu Raya - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi…

2 hours ago

Maknai Kebangkitan Nasional dengan Membuka Ruang Imajinasi Peradaban

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional…

2 hours ago