Categories: Nasional

Muhadjir: Anggaran Kita Kecil, Gunakan Sebaik-baiknya dan Terukur

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya kedisiplinan dalam penggunaan anggaran di masing-masing unit kerja. Sebab, itu akan berpengaruh terhadap peningkatan capaian kinerja pada 2021 mendatang.

“Saat ini kita sudah memasuki penghujung tahun 2020, yang saya minta disiplin anggaran. Karena anggaran kita kecil jadi semua harus dipergunakan sebaik-baiknya dan harus terukur,” ujar Menko PMK melalui keterangan resmi, Rabu (16/12).

Ia pun menekankan bahwa penggunaan anggaran harus diikuti dengan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev). Selain itu, sebaiknya monev ini dilakukan secara berjenjang sehingga target-target yang sudah dicanangkan akan bisa dicapai sebelum akhir tahun.

“Kalau ada yang tidak sesuai agar segera dievaluasi. Itu fungsinya monev,” ucap dia.

Ia pun menyayangkan penggunaan anggaran yang biasanya baru dilakukan di pengujung tahun. Jadi, penyerapan anggaran tidak efektif untuk setiap program yang ada.

“Yang sering dilakukan selama ini penggunaan anggaran itu ditumpuk di akhir tahun, akhirnya tergesa-gesa dan tidak jarang memunculkan diskresi. Kebiasaan yang seperti ini yang saya minta agar diubah dan harus diatur sedemikian rupa agar tidak menumpuk di akhir tahun,” tegasnya.

Untuk tahun 2021, ia meminta agar penggunaan anggaran dapat betul-betul dimaksimalkan. Monev juga dilakukan agar hasil di lapangan sesuai dengan target-target dalam rapat.

“Setiap kedeputian agar memiliki dashboard guna memudahkan dalam menjalankan tugas dan fungsi koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian. Selain juga dapat memperkuat sinergitas antar kementerian/lembaga di bawah lingkup Kemenko PMK,” pungkasnya.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Dukung Perubahan Status Supadio, Harisson Ungkap Beberapa Alasan

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memastikan mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan…

3 hours ago

Oknum Pegawai Bea Cukai Ketapang Selundupkan Ratusan Satwa Dilindungi

KalbarOnline, Ketapang - Oknum pegawai Bea Cukai Ketapang, Kalimantan Barat berinisial KW (46 tahun) menjadi…

6 hours ago

Hari Buruh, Kapolri Komitmen Lindungi dan Kawal Hak Buruh

KalbarOnline, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung pengamanan peringatan aksi Hari Buruh…

6 hours ago

Sekda Kapuas Hulu Buka Bimbingan Manasik Haji Tahun 2024 di Masjid Al-Ikhlas

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini membuka Acara Bimbingan Manasik Haji…

6 hours ago

Akhiri Masa Tugas, Pj Wali Kota Ani Sofian Ajak ASN Teladani Jejak Mulyadi

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengajak ASN di lingkup Pemerintah Kota…

8 hours ago

Status Kepemilikan Gedung Perbasi Resmi Kembali ke Pemkot Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Kejelasan status pengelolaan Gedung Persatuan Basket Indonesia (Perbasi) Kota Pontianak di Jalan…

8 hours ago