Categories: Internasional

Biar Nyaman Berkomunikasi, Ilmuwan Jepang Ciptakan Masker Penerjemah

KalbarOnline.com – Salah satu keluhan pengguna masker di tengah pandemi adalah komunikasi. Masker medis biasanya membuat kata-kata pengguna tak terdengar jelas. Perusahaan start-up Jepang berusaha memberi solusi sekaligus memberi fitur unik. Yakni, penerjemah.

Alat yang diciptakan Donut Robotics itu punya fungsi untuk memperjelas dan memperkeras suara pengguna. Dengan begitu, orang lain bisa mendengar perkataan pengguna masker meskipun sedang menjaga jarak. ”Di masa seperti ini, kita masih harus bertemu langsung dengan orang. Dan masker ini akan sangat membantu,” ujar CEO Donut Robotics Taisuke Ono menurut CNN.

Bukan hanya soal suara. Pengguna masker pun tak perlu khawatir jika menjumpai orang asing. Ono menyertakan fitur penerjemah untuk delapan bahasa. Di antaranya, bahasa Indonesia, Tiongkok, Korea, Vietnam, Inggris, Spanyol, dan Prancis.

Pengguna bisa dengan nyaman bicara dalam bahasa ibu. Alat yang dipasang setelah masker medis itu akan menerjemahkan langsung ke bahasa yang diinginkan.

Sebenarnya, teknologi penerjemah tersebut dikembangkan untuk robot layanan bernama Cinnamon di Bandara Haneda. Robot itu dikembangkan untuk membantu calon penumpang asing di bandara. Namun, proyek tersebut mandek karena masa pandemi.

”Dana kami terus menipis. Kami terpaksa memutar otak untuk mempertahankan operasional perusahaan,” ungkapnya.

Rupanya, reaksi masyarakat tinggi. Pada penggalangan dana gelombang pertama, mereka berhasil meraup 28 juta yen (Rp 3,8 miliar) dalam waktu 37 menit saja. Penggalangan dana kedua meraih 56,6 juta yen (Rp 7,6 miliar).

”Kami biasanya baru bisa mendapatkan dana senilai itu dalam penggalangan dana selama tiga sampai empat bulan,” imbuhnya.

Onoi mengatakan bahwa penjualan pertama bakal tersedia bulan ini. Mereka akan menyediakan 5 ribu sampai 10 ribu unit dengan harga sekitar USD 40 (Rp 564 ribu) per unit.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Konsul Malaysia Kagumi Tradisi Halal Bihalal di Indonesia

KalbarOnline, Pontianak - Tradisi halal bihalal yang menjadi agenda rutin tahunan setiap bulan Syawal dalam…

3 mins ago

IKAPTK Pontianak Wadah Silaturahmi dan Berbagi Pengalaman Antar Alumni

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menilai peran Ikatan Keluarga Alumni Perguruan…

26 mins ago

Bagaimana Standar Porsi Makan Bagi Penyandang Diabetes?

KalbarOnline, Pontianak - Penyakit kencing manis atau yang lebih dikenal sebagai diabetes melitus merupakan penyakit…

28 mins ago

Ani Sofian Lantik 850 PPPK Jadi Pejabat Fungsional

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian resmi melantik sebanyak 850 Pegawai Pemerintah…

40 mins ago

Peringatan Hardiknas 2024, Pj Bupati Romi: Mengenang Perjalanan Merdeka Belajar

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)…

9 hours ago

Tim Jatanras Polresta Pontianak Tangkap Komplotan Pencuri Kabel, Satu Orang Masih Buron

KalbarOnline, Pontianak - Tim Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak berhasil menangkap komplotan pencurian kabel listrik…

9 hours ago