Aung San Suu Kyi Minta Masyarakat Myanmar Lawan Kudeta Militer

KalbarOnline.com – Akun resmi Facebook milik partai Liga Nasional Untuk Demokrasi (NLD) pada Senin (1/2) menerbitkan pernyataan atas nama pemimpin Aung San Suu Kyi yang menyebutkan bahwa masyarakat harus melakukan protes dan melawan kudeta militer.

NDL mengatakan pernyataan itu, yang diunggah di laman Facebook dan biasanya digunakan oleh partai selama kampanye pemilu, ditulis sebelum kudeta pada Senin terjadi. Reuters belum dapat menghubungi pejabat partai NLD untuk dimintai komentar.

Baca Juga :  Tolak Kudeta Militer, Rakyat Gelar Aksi Terbesar di Myanmar sejak 2007

Suu Kyi tidak terlihat di hadapan publik sejak ditangkap dalam penggerebekan pada Senin dini hari bersama sejumlah tokoh dan aktivis partai penting lainnya.

“Aksi militer merupakan tindakan untuk mengembalikan negara di bawah kediktatoran,” bunyi pernyataan tersebut, yang menerakan nama Pemimpin Suu Kyi tanpa disertai tanda tangannya, seperti dilansir Antara dari Reuters. “Saya meminta masyarakat untuk tidak menerima ini, untuk bertindak dan dengan sepenuh hati memprotes kudeta militer,” tambahnya.

Baca Juga :  Inggris Kecewa Kudeta Militer, Beri Sanksi Tiga Jenderal Myanmar

Pernyataan itu dikeluarkan oleh pimpinan partai Win Htein, yang dalam catatan tulisan tangan di bagian bawah menekankan bahwa pernyataan itu asli sekaligus mencerminkan permintaan Suu Kyi. “Saya bersumpah bahwa permintaan untuk rakyat ini adalah pernyataan asli dari Aung San Suu Kyi,” tulis Win Htein. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment