Categories: Nasional

Jika Tak Mau Tertular Covid-19, Jangan Abai Protokol 3M

KalbarOnline.com – Protokol kesehatan 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun adalah senjata utama untuk melawan Covid-19. Jika lengah atau abai, maka bisa saja suatu saat Anda tertular Covid-19.

Hal itu ditegaskan oleh Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Menurutnya, tingginya angka kasus baru positif Covid-19 saat ini menjadi cerminan bahwa masyarakat masih lengah atau abai terhadap protokol kesehatan 3M. Dia menjelaskan hal itu terlihat dari zona hijau yang kian menipis, sementara zona merah makin menyebar.

“Saya kecewa peta zona merah tambah 2 kali lipat dari 2 minggu sebelumnya. Jumlah zona hijau pun menipis. Data ini harus jadi cermin bagi kita semua dalam kendalikan Covid-19. Keadaan ini jadi cambukan perbaiki diri,” tuturnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12).

  • Baca Juga: Covid-19 Masih Melejit, Warga Harus Ekstra Terapkan Protokol Kesehatan

“Jangan pernah abai karena cepat atau lambat Anda akan jadi penderita Covid-19 jika lengah proteksi diri,” ungkap Prof Wiku.

Dia meminta pemerintah daerah untuk terus menegakkan edukasi protokol 3M dan 3T yakni testing, tracing, dan treatment. Menurut Prof Wiku, faktor utama kasus aktif Covid-19 yakni disebabkan perilaku tak disiplin masyarakat dalam mematuhi 3M.

“Masih banyak masyarakat berkerumun dalam berbagai bentuk kegiatannya. Memicu penularan yang berdampak pada peningkatan kasus aktif,” jelasnya.

Dia menegaskan semua ini bisa dicegah jika disiplin dalam protokol 3M. “Ternyata di masyarakat masih ada yang lengah tidak menjalankan 3M. Peningkatan kasus hanya bisa dicegah dengan disiplin protokol kesehatan,” tuturnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Dekranasda Kubu Raya Turut Andil Meriahkan HUT Dekranas 2024 di Kota Solo

KalbarOnline, Pontianak - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat turut…

4 hours ago

Taman Akcaya Pontianak: Destinasi Wisata Seru di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Pontianak - Taman Akcaya Pontianak yang terletak di Jalan Sutan Syahrir, Kecamatan Pontianak Kota…

6 hours ago

Menikmati Keindahan Taman Alun-Alun Kapuas di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Taman Alun-Alun Kapuas adalah salah satu destinasi wisata populer di Kota Pontianak,…

6 hours ago

Menyusuri Sejarah di Tugu Digulis Pontianak, Kalimantan Barat

KalbarOnline, Pontianak - Pontianak sebagai ibu kota Kalimantan Barat memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.…

6 hours ago

Istana Kadriah, Pontianak: Menguak Sejarah dan Budaya Kesultanan Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Ingin menyelami sejarah dan kebudayaan Kesultanan Pontianak di masa lampau? Datanglah ke…

6 hours ago

KPU Perkenalkan “PAWAN”, Maskot Pilkada Ketapang 2024

KalbarOnline, Ketapang - Komisi Pemilu Umum (KPU) Kabupaten Ketapang melakukan peluncuran tahapan pemilihan kepala daerah…

7 hours ago