Categories: Nasional

Sadarkan Masyarakat, Sosialisasi 3M Harus Dilakukan Tanpa Henti

KalbarOnline.com – Penerapan protokol kesehatan akan lebih optimal jika diimbangi upaya sosialisasi dan edukasi secara terus menerus. Dengan begitu kesadararan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan akan semakin tinggi.

Protokol kesehatan yang paling dasar untuk dilakukan mencegah penularan Covid-19 adalah 3M, yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan pakai sabun serta wajib menjaga jarak.

Pengamat Sosiologi UI Devi Rachmawati mengungkapkan, agar masyarakat mau patuh melaksanakan protokol kesehatan adalah sosialisasi tiada henti. Terlebih budaya masyarakat Indonesia yang mudah lupa.

“Jangan mudah puas merasa sudah pernah ditayangkan dan masyarakat lihat lalu paham. Lihatnya (kampanye, Red) aja nggak, apalagi paham,” cetus dia beberapa waktu lalu.

Selain sosialisasi di berbagai platform, masyarakat bisa dipengaruhi dengan contoh yang baik. Seperti pejabat atau tokoh publik yang lebih terdepan menerapkan 3M. Ironisnya, masih banyak pula di antara para tokoh itu masih kurang patuh pada protokol kessehatan. Padahal itu salah satu cara paling efektif.

Di samping hal tersebut, ia pun mengatakan demonstrasi simbolik perlu untuk mengingatkan masyarakat bahwa Covid-19 itu ada dan bisa berdampak signifikan dalam kehidupan. “Satu lagi yang juga mungkin kalau dirasa perlu oleh pemerintah yaitu isolasi. Mau tidak mau itu harus dilakukan kalau memang tiga hal tadi belum mampu mendorong kesadaran masyarakat,” tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

1 hour ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

3 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

3 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

3 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

3 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

3 hours ago