MPR: Terus Libatkan Tokoh Masyarakat Agar Masyarakat Taat Prokes

KalbarOnline.com – Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyoroti kian meningkatnya mobilitas warga Ibu Kota dan wilayah sekitar yang berbanding lurus dengan kenaikan angka kasus positif Covid-19.

Namun, upaya edukasi masyarakat melalui penyadaran dan pelibatan tokoh akar rumput seolah tenggelam selama pandemi berlangsung.

Karenanya dia mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk melakukan antisipasi dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, pimpinan masyarakat, tokoh akar rumput untuk mengajak masyarakat agar mematuhi dan melaksanakam protokol kesehatan 3M, yakni wajib memakai masker, wajib menjaga jarak dan wajib mencuci tangan dengan sabun.

Baca Juga :  Hasil Uji Klinis Vaksin Sinovac Harus Dibuka

“Mengingat tokoh-tokoh akar rumput tersebut memiliki potensi membangun dan merangkul masyarakat meningkatkan kesadaran publik mengenai isu kesehatan di level lokal,” ujar Bamsoet kepada wartawan.

Bamsoet juga meminta pemerintah agar dapat bekerjasama dengan tokoh-tokoh, baik tokoh keagamaan maupun tokoh akar rumput untuk berada di garda terdepan dalam memberikan pencerahan.

“Itu dilakukan untuk menekankan antara keseimbangan, harapan dan kewaspadaan guna menghindari pemahaman masyarakat yang keliru di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Bamsoet juga mendorong agar dalam menyampaikan pesan terkait Covid-19, baik informasi seputar gejala Covid-19 hingga aturan protokol kesehatan yang harus dipatuhi, perlu penyampaian yang terstruktur, sistematis dan masif hingga ke masyarakat akar rumput.

Baca Juga :  Sekolah Kembali Dibuka, DPR: Protokol Kesehatan 3M Wajib Dilakukan

Baca juga: Tekan Kasus Aktif Covid-19 dengan Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

“Dengan begitu upaya pemerintah dalam menggandeng tokoh-tokoh tersebut dapat efektif memberikan pencerahan dan penyadaran kepada masyarakat terkait Covid-19,” ungkapnya.

Mendorong pemerintah membuat strategi lain yang lebih efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, seperti dengan melalui pendekatan struktural maupun kultural agar masyarakat mau menaati protokol kesehatan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment