Categories: Internasional

Ahli Penyakit AS Ungkap 2021 Saat Tepat Laksanakan Vaksinasi Covid-19

KalbarOnline.com – Vaksin Covid-19 disebut-sebut akan disetujui pada akhir tahun ini. Ini tentunya menjadi kabar baik, sehingga awal 2021 dinilai jadi waktu yang tepat untuk melakukan vaksinasi.

Ahli penyakit menular terkemuka Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci mengatakan bahwa pada akhir November atau awal Desember akan diketahui apakah vaksin aman dan efektif. Pernyataan Fauci muncul usai Pusat Kesehatan Nasional (NHS) di Inggris sedang bersiap untuk mulai mengimunisasi staf medis dalam beberapa minggu ke depan. Namun, sumber NHS menegaskan meski rumah sakit sedang mempersiapkan rencana untuk meluncurkan vaksin, skala waktunya masih terlalu dini dan terlalu ambisius.

  • Baca juga: Meski Sudah Divaksin, Seseorang Tetap Bisa Terpapar Virus Korona

Hal senada disampaikan Kepala Penasihat Ilmiah Pemerintah Inggris, Sir Patrick Vallance. Dia mengatakan kepada anggota parlemen dan rekan-rekannya bahwa vaksin tidak akan tersedia di Inggris sampai musim semi.

Fauci sendiri saat ditanya oleh BBC mengatakan dirinya yakin vaksin akan muncul pada akhir tahun ini. “Kita akan tahu apakah suatu vaksin aman dan efektif pada akhir November, awal Desember,” jawabnya seperti dilansir dari The Guardian, Senin (26/10).

“Pertanyaannya adalah, setelah Anda memiliki vaksin yang aman dan efektif, atau lebih dari satu, bagaimana Anda bisa memberikannya kepada orang-orang yang membutuhkannya secepat mungkin?” jelas Fauci.

“Jumlah dosis yang akan tersedia pada Desember pasti tidak akan cukup untuk memvaksinasi semua orang. Anda harus menunggu beberapa bulan hingga 2021,” tambahnya.

Berdasar itu, petugas kesehatan kemungkinan besar akan diberi akses prioritas. Lalu orang-orang yang kesehatan dasarnya berisiko tinggi mengalami komplikasi jika mereka tertular Covid-19.

“Itu bisa dimulai akhir tahun ini, awal Januari, Februari, Maret tahun depan,” tegas Fauci.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Harisson Minta OPD Perbaiki SOP dan Temuan BPK: Jangan Sampai Berulang

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri exit meeting pemeriksaan terinci atas…

3 hours ago

Pj Gubernur Harisson Sambangi Stan Pameran Dekranasda Kalbar di Solo

KalbarOnline, Surakarta - Setelah menyaksikan pameran mobil hias dan budaya serta kriya di kawasan Jalan…

3 hours ago

Pj Gubernur Harisson Terima Kunjungan Ketua KDEKS Banten

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson didampingi beberapa kepala perangkat daerah…

3 hours ago

Harisson Minta Pengawasan Pangan Dilakukan Secara Konsisten dan komprehensif

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur  Kalbar, Harisson membuka Rakor Penguatan Pengawasan Ketahanan Pangan dan Promosi…

3 hours ago

Pj Gubernur Harisson Harap Pesparawi Kalbar Mampu Dulang Prestasi di Tingkat Nasional

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson secara resmi mengukuhkan pengurus Lembaga Pengembangan…

3 hours ago

Gara-gara Sabu, Remaja di Kubu Raya Nekat Curi Kabel Listrik Milik Perusahaan

KalbarOnline, KUBU RAYA - Seorang remaja berinisial RM (22 tahun), warga Kabupaten Kubu Raya, ditangkap…

3 hours ago