Categories: Kapuas Hulu

Imigrasi Kelas III Putussibau Gelar Tim Pora Tingkat Kecamatan

Imigrasi Kelas III Putussibau Gelar Tim Pora Tingkat Kecamatan

Wujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kantor Imigrasi Kelas III Putussibau melaksanakan rapat tim pengawasan orang asing (Tim Pora) tingkat kecamatan tahun 2020 yang dilangsungkan di Grand Banana Hotel Putussibau, Rabu (21/10/2020).

Kegiatan yang dihadiri Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalbar itu dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, perwakilan TNI-Polri serta sejumlah Camat dan Lurah.

Kepala Kantor Imigrasi kelas III Putussibau, Ali Hanafi menyampaikan, tujuan rapat Tim Pora tersebut dalam upaya mewujudkan koordinasi lintas instansi terkait, dalam pengawasan orang asing.

“Tema yang diangkat dalam pertemuan ini adalah Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Putussibau di masa tatanan kehidupan baru dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Selain itu lanjut Hanafi, juga bertujuan untuk menguatakan peran antar instansi anggota Tim Pora terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing dalam rangka penegakan hukum keimigrasian dalam era new normal.

“Kemudian untuk memberikan pemahaman bahwa pengawasan orang asing merupakan tanggung jawab bersama dan untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh, terhadap keberadaan dan kegiatatn orang asing khususnya di wilayah Kapuas Hulu,” tandasnya.

Kegiatan ini disambut baik oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini. Menurutnya, dalam pengawasan orang asing perlu adanya koordinasi yang baik.

“Terutama dengan ada tim yang telah dibentuk oleh pihak Imigrasi sampai pada tingkat kecamatan. Dalam situasi pandemi Covid-19 juga diharapkan kepada tim yang telah dibentuk untuk bisa aktif dalam mengawasi lalu lintas orang asing di Kapuas Hulu,” tukasnya.

Sekda juga mengatakan, jika melihat kondisi sekrang, hendaknya para pihak terkait terus meningkatkan kerja sama dalam melaksanakan pengawasan terhadap orang asing.

“Khususnya untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Untuk itu sangat diharapkan bantuan dari seluruh peserta rapat untuk selanjutnya menginformasikan kepada masyarakat hal-hal yang berkaitan dengan keimigrasian dan pemeriksaan orang asing sesuai protokol covid-19,” pesan Sekda.

Ia memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu selalu berusaha maksimal untuk mendukung upaya pengawasan terhadap orang asing yang masuk ke wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

“Oleh karenanya, kami mengharapkan komunikasi dan koordinasi terjalin secara konsisten dan terus menerus agar setiap kebijakan kita dapat saling bersinergi dan mendukung Tim Pora,” pungkasnya. (Haq)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Lutfi Al Mutahar Optimis Jadi Calon yang Diusung PAN di Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Lutfi Al Mutahar meyakini kalau dirinyalah yang akan diusung oleh Partai Amanat…

12 hours ago

Pemkab Kapuas Hulu Raih WTP ke 7 dari BPK RI Perwakilan Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari…

12 hours ago

Sinergi Semua Elemen, KPU Kayong Utara Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024

KalbarOnline, Kayong Utara - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar sosialisasi tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada)…

12 hours ago

Kembalikan Berkas Pencalonan, Sutarmidji Harap Nasdem Bisa Seperti di Periode Lalu

KalbarOnline, Pontianak - Mantan Gubernur Kalbar, Sutarmidji melakukan pengembalian berkas sebagai calon Gubernur Kalbar ke…

12 hours ago

Di PEVS 2024, Dirut PLN Paparkan ke Presiden Jokowi Soal Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik Tanah Air

KalbarOnline, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi booth PT PLN (Persero) dalam…

12 hours ago

Ditanya Peluang Kembali Berpasangan dengan Sutarmidji, Norsan Bantah Abu-abu

KalbarOnline, Pontianak - Mantan Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan kembali ditanya soal peluangnya kembali berpasangan…

13 hours ago