Categories: Nasional

Menko PMK Tegaskan Dalam UU Ciptaker Tidak Ada Anak Emas

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) adalah untuk pemerataan ekonomi, yakni untuk kebaikan masyarakat Indonesia sendiri.
Dari klaster yang ada dalam UU Ciptaker, ini adalah untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Kemudian juga memberikan kemudahan, perlindungan, maupin bimbingan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
“Ini artinya, tidak benar kalau pemerintah akan meng-anak emaskan pengusaha besar, akan memberikan karpet merah pada investor asing untuk bisa semaunya masuk ke Indonesia. Sama sekali tidak benar,” ucap dia dalam webinar Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan, Rabu (14/10).
Kata Muhadjir, semangat UU Ciptaker terkait pengertian investasi adalah untuk dalam negeri sendiri, yang tentunya juga membuka peluang investasi dari luar. Pelaku usahanya adalah pelaku-pelaku domestik, yaitu mereka yg bergerak di UMKM.
“Sekarang akan dibuka dengan sangat luas, perizinan dipermudah, kemudian akses kepada modal juga diperluas dan juga bimbingan-bimbingan akan terus dilakukan. Itulah yang menjadi tanggung jawab kita bersama,” tambahnya.
Terutama di sektor kesehatan, di mana Indonesia pada awal pandemi Covid-19 ini masih mengandalkan impor. Namun, kini usaha di dalam negeri juga telah membuahkan hasil.
“Dan ini adalah momentum yang bagus kalau kita bisa memanfaatkannya, maka kita paling tidak bisa kuasai pasar bisnis kesehatan di dalam negeri, syukur-syukur kemudian kita bisa menjadi bagian dari ekspor untuk menaikan devisa di sektor kesehatan ini,” imbuh dia. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pelaku Curanmor Depan Pangkas Rambut Pontianak Utara Ditangkap Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Satu pelaku pencurian sepeda motor di depan pangkas rambut Jalan Gusti Situt…

4 hours ago

Sujiwo Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacabup Kubu Raya ke PDI Perjuangan

KalbarOnline, Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019 - 2024, Sujiwo secara resmi…

4 hours ago

KalbarOnline.com bersama Puluhan Pemred se Indonesia Teken Deklarasi ICEC

KalbarOnline, Palembang - Hari Pers Internasional atau World Press Freedom Day yang jatuh setiap tgl…

5 hours ago

Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat Ringkus Pencuri Sepeda Motor

KalbarOnline, Pontianak - Unit Reskrim Polsek Pontianak Barat mengamankan seorang laki-laki bernama Roby (25 tahun)…

7 hours ago

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

14 hours ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

15 hours ago