Categories: Kabar

Akun WA Abdul Mu’ti Diretas, Termasuk Ketua PGI Juga?

KalbarOnline.com – Akun WhatsApp (WA) milik Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti dibajak orang sejak Jumat (2/10/2020) petang. Hingga Sabtu (3/10/2020) ini masih belum bisa diakses.

Terkait peretasan ini, Abdul Mu’ti menceritakan jika pada awalnya ada seseorang yang memintanya bergabung ke salah satu grup WA. Pihak tersebut juga meminta nomor kode tertentu kepadanya.

“Kemarin (Jumat) sore ada seseorang yang mengatasnamakan tokoh, mengajak masuk ke salah satu grup dan meminta kode tertentu,” ujarnya, Sabtu (3/10/2020).

Merasa tidak ada gelagat mencurigakan, dia lantas menuruti permintaan orang tersebut, karena merasa kenal dengan yang meminta. “Karena nama dan profil saya kenal baik, permintaan saya penuhi. Sampai beberapa jam tidak ada masalah. Jelang salat Isya saya tidak bisa pakai WA,” tambahnya.

Mendapati masalah itu, Abdul Mu’ti lalu berkonsultasi dengan teman-temannya yang ahli IT. “(Ternyata) nomor saya di-hack. Mereka menyarankan supaya nomor di uninstall,” jelasnya.

Menurut informasi yang diperoleh Abdul Mu’ti, bukan hanya akun WhatsApp dia yang diretas. “Ternyata beberapa nama juga di-hack. Salah satunya Pak Gomar Gultom, Ketua Umum PGI (Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia),” ujarnya, melansir pwmu.

Abdul Mu’ti menyampaikan kasus ini dibuka untuk menjadi perhatian masyarakat, terutama tokoh-tokoh, supaya tidak mengalami hal yang sama. “Mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap hacker,” ujarnya.

Atas kejadian itu Abdul Mu’ti meminta kepada Polri untuk mengusut kasus ini. “Mohon kepada polisi untuk mengusut pelaku karena sudah meresahkan masyarakat dan berpotensi disalahgunakan untuk melakukan kejahatan,” pesannya.

Abdul Mu’ti menyampaikan, kasus ini dibuka untuk menjadi perhatian masyarakat, terutama tokoh-tokoh, supaya tidak mengalami hal yang sama. “Mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap hacker,” ujarnya.

Ditanya apakah peretasan itu ada unsur politis, Abdul Mu’ti menjawab pendek. ” Saya tidak tahu,” tutupnya. [ind]

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Sarina, Finalis Putri Hijabfluencer Kalbar 2024 Asal Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Sarina (18 tahun) lahir di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten…

3 hours ago

Hadapi Seleksi STQ dan TC, Pengurus LPTQ KKU Audiensi ke Pj Bupati Romi Wijaya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan…

3 hours ago

Kalbar Siap Sajikan Tarian Terbaik pada Gelaran Akbar di IKN

KalbarOnline, Pontianak - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) secara nasional…

5 hours ago

Tim Penari Hasil Audisi Pemprov Kalbar Siap Meriahkan Rangkaian HUT 79 RI di IKN

KalbarOnline, Pontianak - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal…

6 hours ago

Angin Puting Beliung Rusak Tujuh Rumah Warga Kubu

KalbarOnline, Kubu Raya - Tujuh rumah warga di pesisir Muara Kubu, Dusun Mekar Jaya, Desa…

15 hours ago

Harisson Larang Perpisahan Sekolah di Tempat Mewah

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson melarang sekolah-sekolah untuk semua jenjang…

22 hours ago