Categories: Otomotif

Taksi Swa Kemudi Ini Tawarkan Solusi Transportasi Physical Distancing

KalbarOnline.com – Krisis Covid-19 telah berdampak pada kehidupan milyaran orang secara fundamental.  Ini akan terus berlanjut selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun yang akan datang jika vaksin tidak segera ditemukan.

Transportasi adalah salah satu sektor yang terdampak dari Covid-19. Sebab, melalui transportasi, virus tersebut bisa menular. Karena itulah, orang-orang semakin waspada menggunakan transportasi umum karena takut tertular virus.

Dalam konteks ini, mobilitas pribadi mengalami peningkatan dan perlombaan dimulai untuk merancang kendaraan umum yang paling memadai untuk masa-masa sulit ini.

Melihat fenomena ini, Ford mencoba mencari solusinya dengan membuat semacam sayembara kendaraan konsep. Hasilnya muncul kendaraan konsep bernama Muvone yang dikembangkan oleh lulusan desain transportasi Staffordshire University, Marius Lochner dan ini adalah proyek yang menjanjikan.

Ford telah memberinya New Norm Mobility Award, hadiah utama dalam kompetisi yang menantang lulusan desain untuk mengembangkan konsep, ide, dan solusi mobilitas yang membahas skenario baru yang sebagai dampak dari Covid-19.

Muvone digambarkan sebagai solusi unik yang dapat membantu orang-orang, terutama mereka yang memiliki mobilitas terbatas, berkeliling dengan aman dan terlindungi sembari tetap menjaga jarak sosial alias phsyical distancing.

Konsep tersebut pada dasarnya adalah taksi yang dapat mengemudi sendiri atau swa kemudi untuk satu orang. Karenanya konsep tersebut diberi nama Muvone, menekankan pada mobilitas individu yang aman, memungkinkan orang untuk bepergian ke mana pun dan kapan pun mereka inginkan dengan nyaman.

Mengingat kemudahan aksesibilitasnya, perancang yakin Muvone juga sangat cocok untuk lansia dan orang dengan mobilitas terbatas. Konsep ini menampilkan interior minimalis dengan permukaan datar dan bahan yang mudah dibersihkan, memungkinkannya untuk didisinfeksi di sela-sela perjalanannya. (Car Scoops)

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Dekranasda Kalbar Dukung Gallery Rika Ayub Design Turut Majukan Fashion Wastra Khas Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Windy…

2 hours ago

Pentingnya Imunisasi Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

KalbarOnline, Pontianak - Setiap orang memiliki imunitas yang berbeda, sehingga daya tahan tubuh terhadap penyakit…

2 hours ago

Pemkab Kayong Utara Matangkan Persiapan Rakor Pengendalian Inflasi Berikutnya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Minggu…

3 hours ago

Pemkot Pontianak Dorong Posyandu Naik Kelas

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah berencana untuk mendorong posyandu agar dapat naik…

3 hours ago

Memahami KBGO yang Rentan Menyasar Jurnalis Perempuan

KalbarOnline, Pontianak - Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Kalimantan Barat menggelar workshop Kekerasan Berbasis Gender…

4 hours ago

Bupati Fransiskus Ajak Masyarakat Kapuas Hulu Nonton Bareng Semifinal Piala Asia Indonesia Vs Uzbekistan

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengajak masyarakat di Bumi Uncak Kapuas untuk…

5 hours ago