Categories: Internasional

Xi Jinping Kirim Surat kepada Jokowi Bertepatan dengan HUT RI

KalbarOnline.com – Presiden Tiongkok, Xi Jinping, mengirimkan surat kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (17/8) bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-75. Surat tersebut tentu saja berkaitan dengan perayaan ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-75.

Hal tersebut diungkapkan Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta melalui unggahan di laman Facebook resminya dengan mengutip laporan yang disiarkan oleh China Radio International (CRI) pada Senin (17/8).

  • Baca juga: Cemas Tiongkok Krisis Pangan, Xi Jinping: Jangan Buang-buang Makanan!

“Xi Jinping dalam suratnya menyebut bahwa Tiongkok-Indonesia saat ini memelihara kecenderungan hubungan baik. Kedua pihak bersama-sama menanggulangi wabah Covid-19. Selain itu, mendorong pemulihan produksi dan pembangunan bersama Sabuk dan Jalan, menjaga multilateralisme dan situasi umum penanggulangan wabah bersama global, dan telah memberikan kontribusi positif kepada kesehatan dan kesejahteraan rakyat kedua negara serta seluruh dunia,” tulis pihak Kedubes.

Presiden Xi Jinping menyatakan bahwa dirinya menaruh perhatian terhadap hubungan kedua negara. Dia mengatakan bersedia berupaya bersama Jokowi untuk sesegera mungkin mengalahkan pandemi Covid-19 dan memberikan kontribusi positif dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan bagi rakyat.

Sementara itu melalui unggahan video pada laman Facebook yang sama, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, juga memberikan ucapan selamat kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia yang merayakan HUT ke-75.

“Saya mengucapkan selamat paling hangat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia. Dan, menyampaikan harapan terbaik kepada semua teman Indonesia yang mendukung pengembangan hubungan Tiongkok-Indonesia,” kata Xiao dalam Bahasa Indonesia.

Xiao menyoroti juga peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Tiongkok pada tahun ini. “Dengan berdiri di atas titik awal sejarah baru, Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk terus mendorong hubungan kemitraan strategis komprehensif ke tingkat lebih tinggi,” ungkapnya.

Dalam unggahan video yang lain, Xiao bersama sejumlah diplomat Tiongkok menyanyikan lagu keroncong berjudul Bengawan Solo yang diciptakan oleh mendiang Gesang sebagai bentuk apresiasi atas keberanian dan ketekunan rakyat kedua negara yang bergotong royong dalam melawan pandemi Covid-19.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

1 min ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

1 hour ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

9 hours ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

9 hours ago

Wabup Ketapang Jadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Desa Mayak

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan (TMMD) TNI Manunggal Membangun…

9 hours ago

Sekda Ketapang Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi oleh KPK RI

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pemberantasan…

9 hours ago