Categories: Nasional

Tak Diakui Ilmuwan, Hadi Pranoto: Database di Indonesia Belum Rapi

KalbarOnline.com – Hadi Pranoto mengklaim sudah menemukan obat Covid-19 yang bisa menyembuhkan dan pencegah. Obat itu disebutnya sebagai cairan antibodi. Pada akun YouTube Channel musisi Erdian Aji Prihartanto atau Anji dalam wawancara pada 31 Juli 2020, dia disebut sebagai Profesor Mikrobiologi Klinik. Sayangnya, status atau gelar tersebut tak diakui oleh kalangan peneliti.

Menanggapi hal itu, Hadi Pranoto menjawab santai. Menurutnya, database di Indonesia dalam menyusun daftar ilmuwan memang masih belum rapi.

“(Tak diakui ilmuwan) ya enggak masalah. Di Indonesia itu pendataan para ilmuwan kan belum rapi. Mereka (ilmuwan) bergerak sendiri-sendiri. Beda ya sama mereka yang bekerja di dalam sistem pemerintahan. Penelitian itu kan independen untuk Indonesia,” katanya kepada KalbarOnline.com, Senin (3/8).

Ketika ditanya apakah obat temuannya sudah diproduksi massal atau belum, Hadi menjawab produksi sudah dalam tahap ribuan botol, namun belum terlalu besar. Hal itu terkendala oleh anggaran yang menggunakan kocek pribadi.

“Proses massal belum, masih tahap produksi kecil. Baru 10 ribu sampai 20 ribu. Bisa 5 ribu atau 10 ribu botol. Kami punya keterbatasan, karena ini anggaran pribadi,” ujarnya.

Hadi mengaku siap jika pemerintah atau Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memintanya untuk menyampaikan klarifikasi temuannya. Dia pun siap bekerja sama.

“Saya sudah jelaskan pada IDI dan saya siap kerja sama. Ini karya anak bangsa untuk kepentingan bangsa ini. Harusnya temuan-temuan seperti ini dijadikan anak asuh atau bapak asuh dong,” tutupnya.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

4 hours ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

4 hours ago

Wabup Ketapang Jadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Desa Mayak

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan (TMMD) TNI Manunggal Membangun…

4 hours ago

Sekda Ketapang Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi oleh KPK RI

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pemberantasan…

4 hours ago

Peringati Hari Buruh Nasional 2024, PLN Tebar Kebaikan untuk Petugas Kebersihan Kebun Raya Banua Banjarbaru

KalbarOnline.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan menyelenggarakan…

4 hours ago

Timnas Garuda U-23 Kalah di Laga Play-off Olimpiade 2024

KalbarOnline, Nasional - Timnas Indonesia U-23 harus memupus harapan untuk tampil di Olimpiade setelah kalah…

4 hours ago