Categories: Nasional

Corona Semakin Masif, Ini Instruksi Prabowo ke Jajarannya

KalbarOnline.com,JAKARTA– Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengintruksikan kepada seluruh jajarannya agar tidak melakukan mudik pada hari raya Idul Fitri tahun ini. Keputusan ini menyikapi pandemi Covid-19 yang semakin melonjak di Indonesia.

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, intruksi ini tertuang melalui Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan yang ditandatangani oleh Laksamana Madya TNI Dr Agus Setiadi. Di situ disebutkan bahwa seluruh pegawai dari tingkat atas hingga bawah diminta tidak pulang kampung tahun ini.

“Agar seluruh jajaran di Kementerian Pertahanan RI mulai dari Pejabat Eselon 1 sampai dengan pegawai-pegawai di Kemhan untuk tidak melakukan aktivitas mudik pada tahun ini,” kata Dahil kepada wartawan, Jumat (27/3).

Dahnil menyebut, instruksi Prabowo ini dimaksudkan untuk memastikan seluruh pegawai Kemhan aktif melakukan pencegahan dan penanggulangan dini korona. “Instruksi Menhan tersebut bersifat mengikat untuk semua jajaran di Kementerian Pertahanan,” jelasnya.

Dahnil menyampaikan, guna memastikan intruksi ini diterapkan oleh jajarannya, akan dilakukan pengawasan oleh Irjen Kemhan sesuai dengan mekanisme pengawasan yang berlaku dilingkungan Kemhan. “Sanksinya juga sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” ucapnya.

Selain itu, Prabowo pun meminta seluruh jajaran Kemenhan agar aktif menyampaikan kepada sanak saudara dan tetangga serta orang-orang terdekat untuk tidak mudik tahun ini. Hal ini penting untuk memastikan penyebaran Covid-19 tidak semakin masif. “Tidak mudik adalah salah satu langkah kemanusiaan dan menjaga sesama yang baik saat ini,” ucap Dahnil.

Prabowo berharap langkahnya diikuti oleh elemen masyarakat lainnya untuk melarang orang-orang mudik. “Cara membela negara saat ini salah satunya adalah dengan tidak mudik dan tetap menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dan tetangga terdekat saat ini,” pungkas Dahnil. (jpc)

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Mulai 1 Juli 2024, Lapangan Sepak Bola Keboen Sajoek Akan Direnovasi

KalbarOnline.com – Angin segar sekaligus kabar baik bagi warga Kota Pontianak khususnya para pencinta sepak…

3 hours ago

Pilkada 2024, Ani Sofian Minta Panwaslu Jalankan Tugas dengan Profesional dan Adil

KalbarOnline.com – Sebanyak 29 anggota Panwaslu Kelurahan se-Kota Pontianak dilantik oleh Ketua Bawaslu Kota Pontianak…

4 hours ago

Sambut 637 JCH Pontianak Sebelum Bertolak ke Tanah Suci, Zulkarnain Ingatkan Jaga Semua Perlengkapan

KalbarOnline.com – Sebanyak 637 Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kota Pontianak diberangkatkan menuju Bandara Hang…

4 hours ago

Ani Sofian Tekankan Pentingnya Menanamkan Nilai-nilai Luhur Pancasila di Kalangan Gen-Z

KalbarOnline.com – Tanggal 1 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Untuk memperingati hari…

4 hours ago

Polres Kapuas Hulu Gelar Pelatihan Profesionalisme Fungsi Intelkam Bagi Personel

KalbarOnline, Putussibau - Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan membuka pelatihan profesionalisme personel Intelkam Polres Kapuas…

22 hours ago

Suami di Kubu Raya Pergoki Istrinya Diduga Selingkuh dengan Seorang Tokoh Agama

KalbarOnline.com – Beredar di media sosial sebuah video seorang suami di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten…

1 day ago