Categories: Kubu Raya

Pemkab Kubu Raya Dukung Sensus Penduduk Sistem Online

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung Sensus Penduduk dengan sistem online. Hal itu dikatakan Muda saat menghadiri Rapat Koordinasi Sensus Penduduk Tahun 2020 Kabupaten Kubu Raya bersama Badan Pusat Statistik Kubu Raya di Qubu Resort Sungai Raya, Rabu (11/3/2020). Di mana, kata Muda, sensus penduduk 2020 ini akan dilaksanakan dengan dua metode secara online dan konvensional.

“Adanya pendataan secara online merupakan salah satu strategi untuk mengurangi beban petugas sensus pada saat pendataan penduduk nanti,” ucapnya.

Dikatakan Bupati, sensus penduduk tidak hanya menyasar ke warga yang mempunyai NIK tetap namun juga setiap warga yang bermukim di Kubu Raya. Pentingnya, pencatatan penduduk secara online maupun konvensional dikarenakan Kubu Raya sebagai daerah hiterland kota dan masifnya pergeseran-pergeseran penduduk antar daerah.

“Termasuk urbanisasi yang ada di daerah perdesaan ke daerah perkotaan. Sehingga dapat kita ukur, dengan metode seperti ini dapat kita analisa dari desa-desa mana saja terjadi imigrasi yang sangat cepat,” terang, Bupati.

Di kesempatan yang sama, Kepala Badan Pusat Statistik Kubu Raya, Anton Manurung mengungkapkan bahwa di bulan Juli mendatang pihaknya telah menyiapkan 770 petugas sensus penduduk. Agar lebih efektif, kata Anton perekrutan para petugas sensus akan mewakili daerahnya masing-masing.

“Jadi orang Tanjung Beringin mencatat di daerah Tanjung Beringin, sehingga dia bisa mengatasi geografisnya,” ungkapnya.

Perekrutan petugas sensus penduduk, jelas Anton. Akan diproses sesuai standar operasional Prosedur BPS salahsatunya yakni masing-masing calon petugas hendaknya mahir dalam menggunakan smartphone, lulusan SMA dan sebagainya.

“Dan akan mendapatkan upah sebesar Rp 2.800.000 selama satu bulan,” jelasnya. (ian)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Kantor BKD Kayong Utara Terbakar

KalbarOnline, Kayong Utara - Akibat korsleting listrik, Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kayong Utara…

3 hours ago

Sopir Bus Damri Meninggal dalam Perjalanan dari Pontianak ke Pangkalanbun

KalbarOnline, Pontianak - Seorang sopir bus Damri meninggal dunia dalam perjalanan dari Pontianak menuju Pangkalanbun,…

3 hours ago

Dedikasi 39 Tahun, Muefri Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak Resmi Purnabakti

KalbarOnline, Pontianak - Setelah mendedikasikan karirnya selama 39 tahun, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Muefri…

3 hours ago

Bangga, Batik Karya Kreasi Sungai Putat Tampil Memukau di Hadapan Jokowi

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Kreasi Sungai Putat (KSP), Syamhudi mengungkapkan rasa bangganya bahwa batik produksinya…

3 hours ago

Air Terjun Riam Macan: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat yang Sarat Makna Religi

KalbarOnline, Bengkayang - Kalimantan Barat tidak hanya kaya akan keanekaragaman budaya dan suku, tetapi juga…

8 hours ago

Kilas Balik Sejarah Putussibau Tahun 1895, Pernah Dipimpin Controleur LC Westenenk

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT…

18 hours ago