Categories: Sekadau

Buka Penilaian Lomba Desa di Tapang Semadak, Aloy : Monitor Perkembangan Desa

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius secara resmi membuka penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau di Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Jumat (28/2/2020).

Dalam sambutannya, Wabup Aloysius mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan amanat peraturan perundang-undangan. Dikatakannya, penilaian lomba desa juga menjadi sarana untuk mengevaluasi dan monitoring perkembangan status kemajuan sereta kemandirian desa di Sekadau.

“Pelaksanaan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan didasarkan atas data dengan menggunakan instrumen pemantau dan instrumen pengungkap data serta nilai perkembangan desa atau kelurahan,” kata Aloy, Jumat (28/2/2020).

Adapun instrumen pemantau, yaitu data dasar, pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Aloy mengatakan, perlombaan desa dan kelurahan berdasarkan pada hasil penilaian seta tambahan syarat, yakni memiliki profil desa 2 tahun terakhir.

“Kemudian memiliki peraturan desa tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa),” ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sekadau itu.

Aloy mengungkapkan, penilaian lomba desa mencakup beberapa aspek, diantaranya segi perencanaan, proses pelaksanaan pembangunan serta laporan dan evaluasi pembangunan di desa tersebut. Ia mengatakan, setiap ajang perlombaan tentu diharapkan bisa mendapatkan prestasi.

“Namun, perlu kita sadari bahwa juara bukanlah satu-satunya tujuan dari perlombaan. Paling terpenting dari hal itu adalah bagaimana berkelanjutan program ini dapat dijadikan sebagai program bagi pemerintah desa dan masyarakat sehari-hari agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam rangka percepatan peningkatan kesejahteraan,” tutur Aloy.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Gede Setiwan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kristina Rupinus, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, Camat Sekadau Hilir, Kapolsek Sekadau Hilir, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sekadau Hilir serta sejumlah kepala desa di Kecamatan Sekadau Hilir, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat. (Mus)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Bupati Ketapang Hadiri Acara Hari Ketiga Peresmian Balai Kepatihan Jaga Pati

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan menghadiri acara hari ketiga peresmian Balai Kepatihan Jaga…

3 hours ago

Maraknya Aktivitas PETI Berdampak pada Lingkungan Hidup, Sosial dan Kesehatan

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Maraknya aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) sangat berdampak pada kerusakan…

3 hours ago

Sambangi RS Dharmais, Dirut Bank Kalbar Sampaikan Duka Mendalam Atas Meninggalnya Mantan Sekda M Zeet Assovie

KalbarOnline, Jakarta - Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi turut menyambangi Rumah Sakit (RS) Kanker Dharmais…

3 hours ago

Laka Lantas di Sekadau Tewaskan Pengendara Motor Yamaha Vixion

KalbarOnline, Sekadau - Kecelakaan tragis terjadi pada Senin (06/05/2024) pagi sekitar pukul 07.30 WIB di…

4 hours ago

Terjun dari Sampan, Warga Sekadau Terseret Arus dan Hilang di Sungai Ensayang

KalbarOnline, Sekadau - Seorang warga bernama Yohanes Leman (41 tahun) dikabarkan hilang tenggelam terbawa arus…

4 hours ago

Penemuan Mayat di Selokan Jalan Gajah Mada Gegerkan Warga

KalbarOnline, Pontianak - Sejumlah warga dan pengendara jalan dihebohkan dengan penemuan sesosok mayat laki-laki mengapung…

5 hours ago