Categories: Ketapang

452 Titik Hotspot Terpantau di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hingga saat ini masih terus terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Ketapang. Akibatnya kabut asap dan debu dari kebakaran mulai menyelimuti wilayah Kota Ketapang sejak, Rabu (4/9/2019) malam.

Kabut asap ini merupakan dampak kebakaran lahan di sejumlah wilayah kabupaten Ketapang, yakni Kecamatan Matan Hilir Selatan, Matan Hilir Utara, Marau, Muara Pawan, Simpang Hulu dan Manis Mata.

Kepala BMKG Stasiun Metereologi Kelas III Rahadi Oesman Ketapang, Aqil Ihsan mengatakan, saat ini terdapat 452 titik hotspot di wilayah Kabupaten Ketapang.

“Berdasarkan pengolahan data Lapan mengenai sebaran titik hotspot di Kalbar pada, Rabu (4/9/2019) sampai dengan Kamis, (5/9/2019) pukul 07.00 WIB, terdapat 452 titik hotspot di wilayah Kabupaten Ketapang,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (5/9/2019).

Lebih lanjut Aqil menyebut, kabut asap sempat mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Rahadi Oesman, yakni penerbangan dari Pontianak ke Ketapang lantaran jarak pandang berada dibawah 2700 meter.

“Karena kondisi jarak pandang, tadi pagi penerbangan terganggu. Ada pesawat yang delay dari Pontianak ke Ketapang karena pagi tadi visibility dibawah 2700 meter. Namun sekitar jam 09.30 wib sudah normal kembali,” ujarnya.

Mengingat sudah sejak 9 hari lalu wilayah Kabupaten Ketapang belum turun hujan dan terdapat titik hotspot terbanyak di Kalbar, Aqil mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi melakukan aktivitas pembakaran lahan.

“Dalam 3 hari ke depan belum ada peluang hujan di wilayah Ketapang. Sehingga potensi Karhutla sangat mudah terjadi. Sehingga di imbau untuk tidak melakukan karhutla lagi, sebab jika kondisi Karhutla semakin tinggi dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan dan jarak pandang,” tandasnya. (Adi LC)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Taman Akcaya Pontianak: Destinasi Wisata Seru di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Pontianak - Taman Akcaya Pontianak yang terletak di Jalan Sutan Syahrir, Kecamatan Pontianak Kota…

8 mins ago

Menikmati Keindahan Taman Alun-Alun Kapuas di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Taman Alun-Alun Kapuas adalah salah satu destinasi wisata populer di Kota Pontianak,…

10 mins ago

Menyusuri Sejarah di Tugu Digulis Pontianak, Kalimantan Barat

KalbarOnline, Pontianak - Pontianak sebagai ibu kota Kalimantan Barat memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.…

13 mins ago

Istana Kadriah, Pontianak: Menguak Sejarah dan Budaya Kesultanan Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Ingin menyelami sejarah dan kebudayaan Kesultanan Pontianak di masa lampau? Datanglah ke…

15 mins ago

KPU Perkenalkan “PAWAN”, Maskot Pilkada Ketapang 2024

KalbarOnline, Ketapang - Komisi Pemilu Umum (KPU) Kabupaten Ketapang melakukan peluncuran tahapan pemilihan kepala daerah…

54 mins ago

Polres Kubu Raya Gelar Reka Adegan Detik-detik Pembunuhan Fitri Amalia di Gang Limbung

KalbarOnline, Kubu Raya - Satuan Reserse Polres Kubu Raya menggelar rekonstruksi (reka ulang adegan) kasus…

2 hours ago