Categories: Sekadau

Sekadau Bakal Kirim Utusan Ikuti Napak Tilas Damai Tumbang Anoi 1894 di Kalteng

KalbarOnline, Sekadau – Kabupaten Sekadau bakal mengirim utusannya untuk mengikuti ekspedisi Napak Tilas Damai Tumbang Anoi 1894 di Cagar Budaya Rumah Betang Damang Batu, Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah yang akan berlansung pada 22-24 Juli 2019 mendatang.

Kontingen Sekadau sendiri, akan dikoordinir langsung oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Sekadau dan akan diberangkatkan pada 19 Juli 2019 bersama kontingen se-Kalbar dengan titik kumpul di Tayan.

“Napak tilas ini untuk mengenang peristiwa bersejarah bagi Suku Dayak yang bermakna dan penuh perdamaian,” kata koordinator kontingen Sekadau, Losianus didampingi Ketua DAD Sekadau, Welbertus Willy saat diwawancarai di Sekadau, Rabu (17/7/2019).

Ia menceritakan, desa tersebut menjadi tempat bersejarah bagi Suku Dayak karena Rapat Damai Tumbang Anoi digelar di desa tersebut pada 22 Mei-24 Juli 1894. Saat itu, rapat akbar itu dihadiri sekitar 1.000 orang dari 152 suku Dayak yang ada di Pulau Kalimantan.

“Nah, sekarang sudah 125 tahun rapat itu, antara lain menghasilkan kesepakatan untuk mengakhiri tradisi “mengayau” atau memenggal kepala manusia,” terang Losianus yang juga merupakan Kepala Dinas Pendidikan Sekadau ini.

Desa Tumbang Anoi ini berada sekitar 300 kilometer di sebelah utara Kota Palangkaraya sebagai Ibukota Provinsi Kalteng. Losianus berujar, Desa Tumbang Anoi menjadi satu-satunya desa paling bersejarah bagi rekonsiliasi masyarakat suku Dayak seperti yang diungkapkan Wakil Bupati Gunung Mas, Arthon S Dohong.

“Jadi kontingen Sekadau siap hadir di acara Tapak Tilas Tumbang Anoi. Dengan tujuan menjalin silaturahim dan akan menyampaikan bahwa Sekadau sudah memiliki Perda perlindungan masyarakat adat dan masalah perkembangan adat dayak lainnya,” ungkapnya. (Mus)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: Sekadau

Recent Posts

Peringatan HUT Ke 10 IKAWATI Kantor Wilayah BPN Kalimantan Barat dan Hari Kartini Sukses Digelar

KalbarOnline.com, Pontianak - Jumat, 26 April 2024, Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kantor Wilayah…

2 hours ago

Menteri AHY: Saya Tidak Ikhlas jika Ada Tanah Rumah Ibadah Dirampas Mafia Tanah

KalbarOnline.com, Gowa - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)…

2 hours ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan untuk 30 Muslimah Tangguh di Kalimantan Selatan

KalbarOnline, Banjarbaru - Dengan semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

11 hours ago

Harisson Tegaskan Tidak Akan Maju Pilkada 2024

KalbarOnline, Pontianak - Di tengah ramainya isu sejumlah penjabat kepala daerah di beberapa provinsi dan…

14 hours ago

Atlet PPLP Kalbar Raih Prestasi Terbaik di Ajang Atletik Internasional Dubai

KalbarOnline, Pontianak - Atlet binaan kawah candradimuka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) Dinas Kepemudaan,…

15 hours ago

Pasar Bodok Membara, 25 Ruko Luluh Lantak Dalam Semalam

KalbarOnline, Pontianak - Kebakaran hebat menghantam Pasar Bodok, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat…

17 hours ago