Categories: Pontianak

Pj Sekda Paparkan Kebijakan Umum Pembangunan Kesehatan di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Kamaruzaman menyampaikan materi kebijakan umum pembangunan kesehatan di Provinsi Kalbar pada saat menghadiri rapat kerja Poltekes Kemenkes Pontianak.

Rapat kerja Poltekes Kemenkes Pontianak itu mengusung tema ‘Peningkatan kinerja Poltekes Kemenkes Pontianak dalam menghadapi era revolusi industri 4.0’ yang berlangsung di Orchard Hotel Pontianak, Rabu (24/1/2019).

Dalam paparannya, Pj Sekda berharap peningkatan angka pencapaian target harapan hidup 70 persen capaian harapan hidup pada tahun 2023, serta strategi dan arah kebijakan pembangunan kesehatan dengan meningkatkan layanan gizi dan kesehatan ibu dan anak.

Kemudian memaparkan mengenai bagaimana meningkatkan pola hidup bersih dan sehat pada masyarakat, penyediaan data dan informasi kesehatan, penyediaan obat dan perbekalan kesehatan yang memadai, meningkatkan pelayanan kesehatan yang berosientasi pada kepuasan masyarakat terhadap layanan kesehatan dan perluasan kapasitas dan fasilitas kesehatan.

Syarif Kamaruzaman turut menyampaikan kondisi kesehatan di Kalbar mengenai kesehatan ibu dan anak pada tahun 2012, angka kematian ibu (AKI) Provinsi Kalbar berada di bawah nasional yaitu 240 per 100.000 kelahiran hidup sedangkan angka kematian ibu nasional 359 per 100.000 kelahiran hidup tren AKB dari tahun ke tahun mengalami penurunan.

“Pada tahun 2012, lanjutnya, AKB Provinsi Kalbar berada di bawah nasional yaitu 31 persen per 1000 kelahiran hidup sedangkan AKB Nasional 32 persen per 1000 kelahiran hidup dan tahun 2016 AKB Provinsi Kalbar mencapai 22,2 persen per 1000 kelahiran hidup prevelansi balita gizi kurang,” ujarnya.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas 2013) prevalensi balita gizi kurang Provinsi Kalbar tahun 2013 sebesar 26,5 persen masih berada di atas nasional sebesar 19,6 persen.

“Jika dibandingkan dengan tahun 2010, prevalensi balita gizi kurang Provinsi Kalbar mengalami penurunan sebesar 2,7 persen dari 29,2 persen,” tuturnya.

Tren balita gizi buruk, lanjut dia, dari tahun ke tahun mengalami fluktuatif. Dari tahun 2008 hingga 2012 mengalami peningkatan dan kemudian secara perlahan penurunan.

“Prevalensi balita gizi buruk mengalami peningkatan yang signifikan manjadi 7 persen pada tahun 2015 dan pada tahun 2017 menurun menjadi 6,5 persen,” tandasnya. (*/Fai)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

12 hours ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

13 hours ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

21 hours ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

21 hours ago

Wabup Ketapang Jadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke-120 di Desa Mayak

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan (TMMD) TNI Manunggal Membangun…

21 hours ago

Sekda Ketapang Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi oleh KPK RI

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pemberantasan…

21 hours ago