Categories: Pontianak

Sepanjang 2018, Polresta Pontianak Berhasil Ungkap 2470 Kasus Kriminal

KalbarOnline, Pontianak – Sepanjang tahun 2018, jajaran Polresta Pontianak Kota berhasil mengungkap 2470 kasus kriminal di wilayah hukum Kota Khatulistiwa ini. Angka tersebut terdiri dari jumlah kasus yang diungkap oleh Polresta Pontianak Kota ditambah dengan Polsek jajaran.

“Kami sampaikan jumlah kasus selama tahun 2018 untuk Polresta Pontianak 2.470 kasus. Rinciannya, Polresta 1.172 dan Polsek Jajaran 1.298 kasus,” kata Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol M Anwar Nasir, saat jumpa pers di Mapolresta Pontianak, Jumat (28/12/2018) pagi.

Dari jumlah tersebut, pihaknya lanjut Anwar, mengelompokkan enam kasus yang menonjol. Dengan kasus tertinggi adalah kasus pencurian dengan pemberatan (curat).

“Kami mengelompokan enam kasus menonjol, diantaranya tertinggi adalah curat, disusul curbis, curanmor, penggelapan, ditambah penganiayaan serta curas,” tukasnya.

Anwar menambahkan, dari ke enam kasus menonjol tersebut, pihaknya kemudian mengelompokkan lima modus operandi.

Diantaranya yakni membobol rumah kosong, merampas barang beharga dengan sarana sepeda motor, mencuri menggunakan senjata tajam (sajam), dan kekerasan atau begal. Kemudian menggadaikan atau membeli hasil kejahatan. Ada juga balas dendam dan aksi premanisme.

“Jadi selama tahun 2018 ini, total tersangka kami amankan sebanyak 616 orang dengan rincian 527 laki-laki, dan perempuan 89 orang,” pungkasnya. (Fai)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Ketua POPTI Kalbar Jadi Pembicara Nasional Hari Talasemia Sedunia 2024

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Perhimpunan Orangtua Penderita Talasemia Indonesia (POPTI) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy…

3 hours ago

Hanura Berpeluang Usung Dokter Akbar Rahmad Putra di Pilwako Pontianak 2024

KalbarOnline.com - Ketua DPC Hanura Kota Pontianak, Damri menyebut figur muda bakal calon Wali Kota…

3 hours ago

Bawaslu Pontianak buka Perekrutan Panwascam Pendaftar Baru

KalbarOnline, Pontianak - Dalam rangka pembentukan panitia pengawas pemilu (paswascam) kecamatan dalam pemilihan umum (pemilu)…

7 hours ago

300 Pelajar SMP Pontianak Ikuti Tes Bakat Calon Atlet Panjat Tebing dari Kemenpora

KalbarOnline, Pontianak - Sebanyak 300 pelajar SMP di Kota Pontianak mengikuti Tes Identifikasi Bakat Calon…

7 hours ago

Budi Daya Lele Dalam Ember Jadi Solusi Keterbatasan Lahan

KalbarOnline, Pontianak - Warga Gang Kuini, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat berhasil membudidayakan…

7 hours ago

Ungguli DKI Jakarta, Pemprov Kalbar Raih 98 Poin pada Penilaian MCP Tahun 2024

KalbarOnline, Pontianak - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil mencetak 98 poin pada penilaian…

7 hours ago