Categories: Kubu Raya

Pembangunan Pelayanan Publik yang Responsif Gender

KalbarOnline, Kubu Raya – Implementasi Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yang bekualitas dan berkeadilan serta responsif terhadap gender dan ramah anak serta penyandang disabilitas merupakan agenda utama Pemerintah Kabupaten/Kota.

Kepala Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak, Drs. Agam Bekti Nugraha mengatakan kegiatan sosialisasi panduan teknis penyediaan sarana dan prasarana publik responsif gender dan ramah anak dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman bersama terkait dengan berbagai Peraturan pemerintah yang mengatur tentang hal-hal tersebut.

Dikatakan Agam Bekti, sosialisasi ini diselenggarakan demi tercapainya sinkronisasi berbagai regulasi yang telah diterbitkan terkait penyediaan fasilitas publik yang responsif gender dan ramah anak.

Dalam kegiatan tersebut, Kementerian PPPA juga menyusun panduan teknis penyediaan sarana dan prasarana publik yang responsif gender dan ramah anak, khususnya untuk penyediaan ruang laktasi dan Tempat Penitipan Anak (TPA) pada fasilitas Publik, khususnya di perkotaan.

“Terkait dengan hal ini, Pasal 4 Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik telah menetapkan bahwa asas penyelenggaraan pelayanan publik harus mempertimbangkan kesamaan hak, perlakuan yang sama/tidak diskriminatif serta fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan,” terang Agam Bekti, Senin (10/12/2018).

Penyediaan sarana dan prasarana publik responsif gender dan ramah anak dalam pembangunan nasional juga telah tertuang dalam Perpres No 2 tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019 mengenai Pengarusutamaan Gender (PUG).

“Strategi pengarusutamaan gender bertujuan untuk memastikan bahwa proses dan hasil pembangunan memberikan manfaat yang adil bagi seluruh kelompok masyarakat, baik perempuan, laki-laki, anak, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya,” tukas Agam Bekti. (ian)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Wabup Ketapang Hadiri Anniversary dan Halal Bihalal Generasi Rock Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Anniversary 3 tahun sekaligus halal bihalal Generasi…

21 mins ago

Wakili Bupati, Asisten Setda Ketapang Tutup Gebyar Talenta Pendidikan 2024

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati Ketapang, Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang,…

22 mins ago

Asisten I Setda Ketapang Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pendidikan

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Ketapang, Heryandi menjadi inspektur upacara…

23 mins ago

Mantan Sekda Kalbar M Zeet Assovie Tutup Usia, Pj Gubernur Harisson Sampaikan Duka Mendalam

KalbarOnline, Pontianak - Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2010 - 2018,…

38 mins ago

Konsul Malaysia Kagumi Tradisi Halal Bihalal di Indonesia

KalbarOnline, Pontianak - Tradisi halal bihalal yang menjadi agenda rutin tahunan setiap bulan Syawal dalam…

45 mins ago

IKAPTK Pontianak Wadah Silaturahmi dan Berbagi Pengalaman Antar Alumni

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menilai peran Ikatan Keluarga Alumni Perguruan…

1 hour ago