Categories: Nasional

Revolusi MTQ, Peserta Turun Mimbar Nilai Langsung Keluar

KalbarOnline, Medan – Ada yang berbeda dengan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Nilai peserta tak lagi harus menunggu pengumuman dewan hakim, melainkan bisa langsung diketahui usai turun dari mimbar.

“Memang beda kali ini. Nilai bisa langsung diketahui. Kalau dulu harus menunggu di akhir kegiatan. Inilah yang dinamakan revolusi MTQ serba digital,” kata salah seorang official Kafilah Kalbar, Mus Mulyadi di Aula King Abdul Azis Asrama Haji Medan Sumut, Minggu (6/10/2018).

Dengan sistem ini, kecurigaan akan ada kecurangan dewan hakim, bisa diminimalisir. Penilaian objektif. Karena, tanpa harus melewati sidang dewan hakim dalam menentukan juara. Siapa peraih nilai tertinggi yang muncul di layar monitor, dialah juaranya.

“Pulang dari arena, kita sudah tahu, apakah peserta yang kita bawa meraih juara atau tidak. Sangat simpel dan cepat. Cuma, sering terjadi gangguan teknis saja masalahnya. Karena banyak alat harus terhubung dengan jaringan internet dan monitor,” jelas guru MAN 2 Pontianak ini sambil menunggu Restu peserta asal Kalbar yang tampil di cabang Tartil Quran anak-anak.

Dalam kesempatan tersebut, Mus Mulyadi berharap doa seluruh masyarakat Kalbar agar Kafilah Kalbar bisa membawa pulang banyak juara.

“Mohon doanya,” harapnya.

Berdasarkan pengamatan, memang benar nilai langsung keluar. Cuma, jeda satu orang peserta. Misal nomor undian 1 tampil, setelah itu turun mimbar diganti nomor undian 2. Usai turun mimbar nilai tak serta merta turun. Saat undian 2 tampil, barulah nilai undian 1 keluar di layar monitor. Semua yang hadir bisa mengetahui. (*/Fai)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Pelayanan Radioterapi RSUD Soedarso Resmi Beroperasi Agustus 2024

KalbarOnline, Pontianak - Pelayanan radioterapi untuk penyakit kanker di RSUD dr. Soedarso diperkirakan dibuka mulai…

18 mins ago

Polres Sekadau Gelar Konferensi Pers Tindak Pidana KDRT Berujung Kematian Ibu Kandung

KalbarOnline, Sekadau - Kepolisian Resor (Polres) Sekadau menggelar konferensi pers terkait pengungkapan kasus perkara tindak…

26 mins ago

Polres Sekadau Amankan Pelaku Penyalahgunaan BBM Bersubsidi di Nanga Mahap

KalbarOnline, Sekadau - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sekadau berhasil mengamankan seorang pelaku tindak pidana…

28 mins ago

Kurangi Sampah Plastik, Kadisporapar Windy Terus Galakkan Gerakan Kalbar Membawa Tumbler

KalbarOnline, Pontianak - Kadisporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari terus menggalakkan Gerakan Kalbar Membawa Tumbler,…

31 mins ago

Jelang Idul Adha, Angka Inflasi di Pontianak 2,65 persen

KalbarOnline, Pontianak – Menjelang Hari Raya Idul Adha, angka inflasi Kota Pontianak menyentuh angka 2,65…

18 hours ago

Pj Wako Pontianak Minta PPDB 2024 Berlangsung Transparan

KalbarOnline, Pontianak - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 akan dimulai. Untuk mempersiapkan…

18 hours ago