Categories: Ketapang

Wujudkan Pemilu Berkualitas, KPU Ketapang Deklarasikan Gerakan Melindungi Hak Pilih

KalbarOnline, Ketapang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang menggelar deklarasi Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) sekaligus pembukaan posko layanan GMHP, di halaman Kantor KPU Ketapang, Senin (1/10/2018).

Turut hadir Forkompimda, Partai Politik, organisasi kepemudaan dan tokoh masyarakat, serta tokoh agama dan tokoh adat.

Ketua KPU Kabupaten Ketapang, Tedi Wahyudin mengatakan bahwa kegiatan deklarasi dan pembukaan posko GMHP ini merupakan salah satu upaya KPU untuk menyempurnakan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-1) pada Pemilu 2019 mendatang.

“Misalkan ada pemilih yang elemen data keliru dan memasukkan pemilih yang belum terdaftar ke daftar pemilih bagi mereka yang sudah memenuhi syarat,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan dalam upaya untuk menciptakan Pemilu yang berkualitas harus dibarengi dengan proses pendataan pemilih yang baik, diantaranya dengan melakukan pencermatan kembali terhadap DPT yang sudah dua kali ditetapkan sehingga tidak ada lagi pemilih ganda serta data pemilih yang tidak memenuhi syarat.

“Untuk itu pentingnya mengawal pendataan pemilih satu diantaranya dengan sebuah Gerakan Melindungan Hak Pilih untuk warga agar dapat menentukan pilihannya pada Pemilu 2019 mendatang,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Gerakan dan Posko GMHP ini di buka mulai dengan tanggal 1 hingga 28 Oktober serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Posko GMHP sendiri terdapat di Kantor KPU Kabupaten, PPK di Kecamatan hingga PPS di Kelurahan dan Desa masing-masing.

Sehingga diharapkan dapat melayani masyarakat baik yang mau mendaftar maupun menerima laporan terkait data yang tidak memenuhi syarat atau perbaikan elemen data pemilih yang belum lengkap.

“Kami mengajak Pemda, Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, pemuda dan pemangku kepentingan untuk bersinergitas mengawal data pemilih agar betul-betul valid dan berkualitas,” pungkasnya. (Adi LC)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: KPU Ketapang

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

3 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

5 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

5 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

5 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

5 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

5 hours ago