Categories: Sekadau

Tak Ingin Kasus Ujaran Kebencian Terulang, Polres Sekadau Sosialisasikan Bijak Bermedsos ke Pelajar

KalbarOnline, Sekadau – Prihatin atas adanya kasus seorang pemuda di Kabupaten Sekadau yang terjerat hukum lantaran kicauannya di medsos yang dinilai masuk dalam kasus ujaran kebencian (hate speech), Polres Sekadau melalui Sat Binmas menggelar sosialisasi bijak dalam bermedia sosial.

Sosialisasi yang dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Sekadau, Iptu Masdar ini diadakan di SMK Amaliyah Kecamatan Sekadau Hilir yang diikuti kurang lebih 100 pelajar termasuk anggota Saka Bhayangkara, Jum’at (31/8/2018).

Iptu Masdar mengungkapkan, tujuan sosialisasi ini guna memberikan pemahaman tentang penggunaan medsos di kalangan pelajar agar terhindar dari hoax serta ujaran kebencian.

Kurang lebih dua jam sosialisasi berlangsung, Kasat Binmas menyampaikan bagaimana membentuk karakter dan mental yang bijak serta menjadi pengguna internet yang baik, cerdas dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Para pelajar juga dibekali pemahaman UU Nomor 19 Tahun 2016 yang mengatur tentang ITE, agar dalam bersosial media tidak menyimpang aturan yang sudah digariskan oleh Undang-Undang.

“Ada pepatah mengatakan, jarimu adalah harimaumu dan kasus yang baru-baru ini terjadi jangan sampai terulang, berurusan dengan hukum gara-gara tidak bisa mengendalikan medsos itu sendiri,” pesan Iptu Masdar kepada para pelajar. (*/Mus)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Sarina, Finalis Putri Hijabfluencer Kalbar 2024 Asal Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Sarina (18 tahun) lahir di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten…

4 hours ago

Hadapi Seleksi STQ dan TC, Pengurus LPTQ KKU Audiensi ke Pj Bupati Romi Wijaya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan…

4 hours ago

Kalbar Siap Sajikan Tarian Terbaik pada Gelaran Akbar di IKN

KalbarOnline, Pontianak - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) secara nasional…

6 hours ago

Tim Penari Hasil Audisi Pemprov Kalbar Siap Meriahkan Rangkaian HUT 79 RI di IKN

KalbarOnline, Pontianak - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal…

6 hours ago

Angin Puting Beliung Rusak Tujuh Rumah Warga Kubu

KalbarOnline, Kubu Raya - Tujuh rumah warga di pesisir Muara Kubu, Dusun Mekar Jaya, Desa…

16 hours ago

Harisson Larang Perpisahan Sekolah di Tempat Mewah

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson melarang sekolah-sekolah untuk semua jenjang…

23 hours ago