Categories: Ketapang

Pasukan Merah Suguhkan Aktrasi Dalam Gawai Dayak VI Manis Mata

KalbarOnline, Ketapang – Gawai Dayak juga merupakan acara tahunan di setiap kecamatan di kabupaten Ketapang tak terkecuali Kecamatan Manis Mata yang dipusatkan di Desa Asam Besar Gawai Dayak ke VI ini berlangsung meriah, penuh hiburan dan aktrasi yang disajikan panitia penyelenggara, Kamis (30/8/2018).

Dalam pelaksanaannya, Pasukan Merah wajib hukumnya untuk disiagakan menjaga dan mengamankan selama gawai berlangsung. Selain mengamankan gawai, mereka juga menyuguhkan aktrasi yang menegangkan.

Pimpinan Pasukan Merah Panglima Jilah (Panglima Lidah) mengatakan bahwa untuk gawai kali ini di Kecamatan Manis Mata sudah mulai berkembang dan ada kemajuan walaupun belum masuk ke inti-inti acra sakral Gawai itu sendiri.

“Saya liat perkembangan adat di Manis Mata dengan diadakannya gawai sudah mulai berkembang tapi belum masuk ke inti-intinya ini hanya seremonial saja,” tuturnya.

Ia juga juga berharap pada masyarakat Manis Mata khususnya masyarakat Ketapang untuk menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya sehingga bisa dikenal di lapisan masyarakat bahkan dunia.

“Harapan saya seluruh masyarakat Manis Mata khususnya masyarakat Ketapang untuk menjunjung tinggi nilai-nilai adat, tradisi, budaya, dan seni sehingga kita bisa dikenal seluruh lapisan masyarakat bahkan dunia,” tutupnya. (Goda)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Bupati Kapuas Hulu Sebut Koreksi dan Catatan Anggota Dewan Penting Jadi Acuan Pembangunan ke Depan

KalbarOnline, Putussibau - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu menggelar rapat paripurna dengan agenda…

2 hours ago

Nikmati Alam Terbuka Sambil Melihat Pameran Lukisan di Galeri Hutan Kota Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Memperingati bulan menggambar nasional, Komunitas Perupa Kalbar (Kompak) menggelar pameran lukisan bertajuk…

3 hours ago

Nama Bank Kalbar Kembali Getarkan Kancah Nasional Lewat Event Top CSR Awards 2024

KalbarOnline, Pontianak - Kawasan Mega Kuningan Jakarta menjadi saksi kembali bergemanya nama Bank Kalbar di…

10 hours ago

Walhi Kalbar Pertanyakan Kehadiran Negara Soal Perusakan Lahan Gambut

KalbarOnline, Pontianak - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalimantan Barat secara tersirat mempertanyakan kehadiran negara dalam…

10 hours ago

Kapal Ikan BAU Terbakar di Muara Pemangkat

KalbarOnline, Sambas - Sebuah kapal ikan, Bintang Agrindo Utama (BAU) GT 98, terbakar di Muara…

10 hours ago

PWI Kalbar Dukung Komitmen Pelaksanaan PPDB Tahun 2024

KalbarOnline, Pontianak - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalbar ikut berpartisipasi dalam penandatanganan komitmen bersama…

14 hours ago