Categories: Sintang

Saksikan Penerbangan Perdana di Bandar Udara Tebelian, Bupati Jarot: Mimpi Orang Sintang Jadi Kenyataan

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno, menyaksikan penerbangan perdana di Bandar Udara Tebelian, di Desa Sungai Ukoi, Kecamatan Sungai Tebelian, Sintang, Kamis (26/4).

Maskapai Susi Air jurusan Sintang – Ketapang menjadi pesawat pertama yang tinggal landas dari Bandar Udara Tebelian. Sedangkan pesawat ATR 72-600 milik Wings Air menjadi maskapai pertama yang mendarat di bandar udara ini.

“Pertama-tama tentu kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa. Ini adalah mimpi-mimpinya orang Sintang yang menjadi kenyataan,” ucap Bupati Jarot dalam wawancaranya dengan awak media usai menyaksikan penerbangan perdana tersebut.

“Pemimpin kita terdahulu, telah mencetus ide pertama untuk bisa mewujudkan Bandar Udara Tebelian juga tak boleh kita pungkiri, peranan dari DPRD dan DPR-RI yang telah menaruh anggaran untuk kita,” ungkapnya.

Menurut Bupati, pelajaran penting yang bisa petik dari proses relokasi bandara tersebut, ialah kontinyuitas pembangunan. Apa yang menjadi program dan kegiatan dari pemimpin terdahulu dilanjutkan oleh pemimpin berikutnya.

“Kuncinya adalah kontinyuitas, dan ini sudah berhasil,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Bumi Senentang itu menyampaikan uacapan terima kasih pada inisiator awal, Drs. Milton Crosby, M.Si.

“Masa saya ini hanya finishing saja. Tinggal melanjutkan saja,” ucap Bupati Jarot sembari tertawa.

“Inilah semuanya berkesinambungan,” tambahnya.

“Kita masih perlu kerja keras untuk sama-sama menyempurnakan bandara ini. Kita punya mimpi, bahwa ini akan menjadi Bandar Udara Internasional Tebelian,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, I Ketut Gunarsa selaku Kepala Bandar Udara Tebelian menyampaikan bahwa saat ini bandara yang dipimpinnya masih dalam proses pembangunan. Ada progress kerja berkaitan dengan penambahan panjang landasan dari 1660 meter menjadi 1800 meter.

“Sesuai dengan publish kita di dunia penerbangan, secara letter lux Bandara Susilo itu per tanggal 26 April 2018 pada jam 07.00 wib sudah di closed dan saat itu juga dioperasikan Bandara Tebelian ini,” kata Ketut.

“Sementara saat ini kondisi kita landasan kita 1660, dalam tahun ini kita sedang progress untuk memperpajang sampai 1800. mudah-mudahan akhir tahun ini bisa selesai,” terangnya lagi.

Menurut Ketut, target maskimal landasan bandara sejauh 2400 meter. Hal ini dimaksudkan agar bandar udara ini dapat digunakan untuk pendaratan pesawat yang lebih besar. Saat ini ada 4 maskapai yang beroperasi di bandara ini, Nam Air, Wing Air dan Garuda serta dari Susi Air yang melayani penerbangan perintis. Frekuensi penerbangan masing-masing maskapai masih 1 kali sehari.

“Kita belum ada rencana untuk penambahan rute. Hanya saja ada rencana per tanggal 1 Mei nanti ada penambahan frekuensi dari salah satu maskapai untuk jurusan Sintang – Pontianak, selain pagi, dia juga akan terbang sore,” ungkapnya.

“Kita masih menunggu masakapai lain untuk penambahan frekuensi penerbangan di Bandar Udara Tebelian ini,” tutup Ketut.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, sejumlah pimpinan OPD dan instansi vertikal di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang. (Sg/Hms)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: AskimanBerita BengkayangBerita Hari IniBerita InternasionalBerita Kapuas HuluBerita Kayong UtaraBerita KetapangBerita Kubu RayaBerita LandakBerita MelawiBerita MempawahBerita Nanga PinohBerita NasionalBerita OnlineBerita PontianakBerita SambasBerita SanggauBerita SekadauBerita SingkawangBerita SintangBerita TerkiniBerita Terkini Hari IniBuka Pagelaran Seni Budaya Kebangsaan RRI SintangBuka Pelatihan MC dan Presenter LKP Bina Harapan PermataBupati Jarot Ingatkan Makna DemokrasiBupati Jarot Minta Camat Sepauk Cup Digelar di Sepauk HuluBupati Jarot: Mimpi Orang Sintang Jadi KenyataanBupati Jarot: RRI berperan penting dalam mencerdaskan anak bangsaBupati Pimpin Rapat Persiapan Operasional Bandara Internasional Tebelian SintangBupati SintangBupati: Sinergitas yang Baik Jadikan Sintang AmanEdi - BahasanEdi 4 PontianakEdi KamtonoHadiri Pagelaran Seni Budaya KPUHadiri Peringatan Hari Bumi SeduniaHadiri Peringatan Hari Kartini ke-139Hadiri Pisah Sambut Komandan Kodim 1205 SintangIni Kata BupatiIni Kata Bupati JarotJarot WinarnoKalimantan BaratKapuas HuluMedia Online KalbarMedia Online Kalimantan BaratMuda-JiwoPemerintah Kabupaten SintangPemerintah Kota PontianakPilbup Kayong Utara 2018Pilbup Kubu Raya 2018Pilbup Mempawah 2018Pilbup Sanggau 2018Pilgub Kalbar 2018Pilkada Kayong Utara 2018Pilkada Kubu Raya 2018Pilkada Mempawah 2018Pilkada Sanggau 2018Pilkada Serentak 2018Rahmad Satria – RidwanRahmad Satria 4 MempawahSaksikan Penerbangan Perdana di Bandar Udara TebelianSekda Ajak Kartini Sintang Terus Perjuangkan Hak Kaum WanitaSutarmidjiSutarmidji - Ria NorsanSutarmidji 4 KalbarSyarifuddin: Pengusaha Adalah Agen PerubahanTinjau UNBK Tingkat SMPTutup Landau Panjang CupWabup Askiman Harap 2019 Semua SMP di Sintang Gelar UNBKWakil Bupati SintangWakil Wali Kota PontianakWali Kota Pontianak

Recent Posts

Harisson Larang Perpisahan Sekolah di Tempat Mewah

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson melarang sekolah-sekolah untuk semua jenjang…

4 hours ago

Jalan Rusak Parah, Ibu Asal Kendawangan Melahirkan di Tengah Jalan

KalbarOnline, Ketapang - Beratnya kondisi medan yang diakibatkan jalan rusak, membuat Raniah, seorang ibu asal…

5 hours ago

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

19 hours ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

20 hours ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

1 day ago

Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul…

1 day ago