Categories: Pontianak

Harap Para Paslon Tidak Lakukan Pelanggaran, Ketua KPU Kalbar: Sanksinya Bisa Berupa Pembatalan

Umi Rifdiyawati: Para Paslon harus diwajibkan memiliki rekening khusus

KalbarOnline, Pontianak – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Umi Rifdiyawati, menegaskan bahwa para pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah ditetapkan diwajibkan untuk memiliki rekening khusus dana kampanye.

“Para paslon harus memiliki rekening khusus dana kampanye yang harus dibuat oleh masing-masing pasangan calon, rekening khusus itu dibuka atas nama pasangan calon, kemudian spesimennya ditandatangani oleh masing-masing partai politik dan oleh salah satu pasangan calon,” ujarnya, usai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018, Senin (12/2).

Ia juga mengatakan, dengan ditetapkannya tiga pasangan bakal calon sebagai pasangan calon maka mereka harus tunduk pada aturan yang mengatur tentang kampanye.

“Kampanye dimulai tanggal 15 Februari sampai 23 Juni 2018. Artinya, ketika jadwal kampanye sudah ditetapkan, maka mulai hari ini mereka harus mengetahui apa yang boleh dan apa yang tidak boleh. Sudah tidak boleh lagi ada iklan di media, radio atau koran dan sebagainya, tetapi pemberitaan lain hal, harus berimbang. Kemudian untuk pasangan calon, yang statusnya adalah kepala daerah, maka mereka harus cuti selama masa kampanye dan tidak boleh mendapatkan fasilitas negara, ini bagi yang menyangkut statusnya sebagai petahana,” ujarnya.

Umi juga menegaskan jika pasangan calon melanggar aturan yang berlaku, menurut Umi, sanksinya sangat berat yakni berupa pembatalan sebagai pasangan calon.

Pelanggaran lainnya yang bisa dikenai sanksi, seperti politik uang, kemudian misalnya setelah masa kampanye pasangan calon tidak melaporkan penerimaan dan sumbangan dana kampanye, ini juga bisa membatalkan.

“Tentu kita tidak berharap ada pembatalan, harapannya pasangan calon ini patuh terhadap aturan yang sudah ada, dan kami juga akan sosialisasi lebih detail bersama tim pasangan calon,” tandasnya. (Fai)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: AskimanBang MIDJINORSAN: Jika ada Kampanye NegatifBerita BengkayangBerita Hari IniBerita InternasionalBerita Kapuas HuluBerita Kayong UtaraBerita KetapangBerita Kubu RayaBerita LandakBerita MelawiBerita MempawahBerita Nanga PinohBerita NasionalBerita OnlineBerita PontianakBerita SambasBerita SanggauBerita SekadauBerita SingkawangBerita SintangBerita TerkiniBerita Terkini Hari IniBupati SintangDisiplin WaktuEdi - BahasanEdi 4 PontianakEdi KamtonoHadiri Rapat Pleno Penetapan Pasangan CalonHarap Para Paslon Tidak Lakukan PelanggaranIni Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur KalbarIni Pesan Ketua KPU KalbarJarot WinarnoKalimantan BaratKapuas HuluKetua KPU KalbarKetua KPU Kalbar: Nomor Urut 1 dan 2 Tidak Ada Artinya Tanpa Nomor Urut 3Ketua KPU Kalbar: Sanksinya Bisa Berupa PembatalanKetua KPU Provinsi KalbarMedia Online KalbarMedia Online Kalimantan BaratMuda-JiwoPemerintah Kabupaten SintangPemerintah Kota PontianakPenetapan Nomor Urut Paslon Gubernur dan Wakil GubernurPilbup Kayong Utara 2018Pilbup Kubu Raya 2018Pilbup Mempawah 2018Pilbup Sanggau 2018Pilgub Kalbar 2018Pilkada Kayong Utara 2018Pilkada Kubu Raya 2018Pilkada Mempawah 2018Pilkada Sanggau 2018Pilkada Serentak 2018Rahmad Satria – RidwanRahmad Satria 4 MempawahRapat Pleno Pengundian Nomor CalonRapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018Rapat Pleno Terbuka Pengundian sekaligus penetapan Nomor Urut dan Daftar Pasangan Calon di Pilgub KalbarSemua Nomor SamaSenyumin Aja !Siapapun terpilihSutarmidjiSutarmidji - Ria NorsanSutarmidji 4 KalbarSutarmidji dan Ria Norsan Hadir Lebih AwalUmi Rifdiyawati: Para Paslon harus diwajibkan memiliki rekening khususUmi Rifdyawatiuntuk semua warga KalbarWakil Bupati SintangWakil Wali Kota PontianakWali Kota Pontianak

Recent Posts

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan untuk 30 Muslimah Tangguh di Kalimantan Selatan

KalbarOnline, Banjarbaru - Dengan semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

4 hours ago

Harisson Tegaskan Tidak Akan Maju Pilkada 2024

KalbarOnline, Pontianak - Di tengah ramainya isu sejumlah penjabat kepala daerah di beberapa provinsi dan…

7 hours ago

Atlet PPLP Kalbar Raih Prestasi Terbaik di Ajang Atletik Internasional Dubai

KalbarOnline, Pontianak - Atlet binaan kawah candradimuka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) Dinas Kepemudaan,…

8 hours ago

Pasar Bodok Membara, 25 Ruko Luluh Lantak Dalam Semalam

KalbarOnline, Pontianak - Kebakaran hebat menghantam Pasar Bodok, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat…

10 hours ago

Hendak Tawuran, Empat Remaja di Pontianak Diamankan Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Polisi mengamankan empat remaja berinisial FB (17 tahun), HP (17 tahun), RF…

15 hours ago

Dua Pria Kubu Raya Ditangkap, Hendak Edarkan 45 Paket Sabu ke Para Nelayan

KalbarOnline, Kubu Raya - Dua pria asal Kubu Raya, SS (31 tahun) dan AL (33…

16 hours ago