Categories: Kubu Raya

Diskominfo Kubu Raya Gelar Bimtek Keamanan Informasi Siber

KalbarOnline, Kubu Raya – Dalam menghadapi era dan zaman teknologi yang serba digital serta penggunaan jaringan internet yang semakin tinggi dan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kubu Raya menggelar Bimbingan teknis pelatihan keamanan informasi dan siber yang dilaksanakan selama tiga hari, di ruangan Media Center Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (28/11).

“Hal ini, dianggap perlu karena pengelolaan informasi yang lebih baik. Agar dapat mengatasi ancaman, tantangan, hambatan serta gangguan dalam penyalahgunaan atau pemanfaatan oleh pihak lain,” ujar Kepala Diskominfo Kubu Raya, TH. C. Leydianto, S.IP., M.Si, saat ditemui.

Dijelaskan Leydianto dalam pengelolaan informasi mengacu pada Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang juga mengatur tentang informasi milik Pemerintah yang boleh dibuka ke publik dan informasi tertutup.

“Yang dikecualikan dari publik karena mengingat serta resiko akibat dampak yang mungkin ditimbulkan oleh informasi tersebut,” terangnya.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Bidang Persandiaan Diskominfo Kubu Raya, Ir Sukandar Atmo menambahkan dengan adanya bantuan dari Lembaga Sandi Negara RI maupun Kementrian Komunikasi dan Informatika sendiri dapat kemampuan teknis serta penunjang peralatan dari pusat untuk meningkatkan pelayanan.

“Mau itu dari tingkat Kecamatan hingga ke Kabupaten. Saya juga berharap dengan adanya kegiatan ini para SKPD bisa berkontribusi mengingat betapa pentingnya keamanan informasi dan siber ini dalam menjalankan tugas pokok pekerjaannya,” pungkasnya.

Bimbingan teknis pelatihan keamanan informasi dan siber ini dihadiri empat narasumber dari Pusdiklat Lembaga Sandi Negara RI serta para undangan khususnya Aparatur Negeri Sipil dari setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. (ian)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment

Recent Posts

Nasdem Apresiasi dan Dukung Fachri Maju Calon Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Barat (Kalbar),…

6 hours ago

Hardiknas Jadi Momentum Siapkan Generasi Emas

KalbarOnline, Pontianak - Berbagai kegiatan dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka…

8 hours ago

PWI Jajaki Kerja Sama dengan Mendagri, Sosialisasikan Pilkada Damai

KalbarOnline, Jakarta - Pengurus PWI Pusat melakukan audiensi dengan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, di…

8 hours ago

Pemkab Ketapang Selenggarakan Upacara Peringatan Hardiknas 2024

KalbarOnline, Ketapang - Bupati Ketapang yang diwakili Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Heryandi memimpin…

8 hours ago

Dukung Perubahan Status Supadio, Harisson Ungkap Beberapa Alasan

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memastikan mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan…

18 hours ago

Oknum Pegawai Bea Cukai Ketapang Selundupkan Ratusan Satwa Dilindungi

KalbarOnline, Ketapang - Oknum pegawai Bea Cukai Ketapang, Kalimantan Barat berinisial KW (46 tahun) menjadi…

21 hours ago