Categories: Kapuas Hulu

Kondisi Infrastruktur di Wilayah Perbatasan Masih Parah

Mulai Dari Jalan Hingga Jembatan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Camat Puring Kencana, Herkulanus Albinus mengatakan bahwa hingga saat ini ruas jalan bertatus jalan nasional di wilayah perbatasan seperti, dari Nanga Badau menuju Puring Kencana, dan Empanang masih rusak berat.

“Bahkan pada ruas jalan nasional tersebut, ada empat sungai tanpa jembatan, karena sudah lama rusak dan tidak pernah diperbaiki oleh pemerintah,” ungkapnya.

Menurutnya, ruas jalan itu merupakan jalan utama bagi masyarakat untuk menghidupkan perekonomian di dua kecamatan yaitu, Kecamatan Puring Kencana dan Kecamatan Empanang. Dimana kedua kecamatan itu, adalah wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Kondisi Jembatan Sungai Pelima Dusun Kedang, Kecamatan Puring Kencana Yang Sudah Sejak Lama Mengalami Kerusakan Namun Tak Kunjung Diperbaiki Pemerintah (Foto: Ishaq)

“Ada empat sungai tanpa jembatan, dan salah satu sungai yang cukup lebar dan dalam adalah sungai Rungan. Jika air pasang, sungai tersebut tidak bisa diseberangkan, sehingga menggangu aktivitas masyarakat setempat, dan tidak jarang kenderaan yang nekat lewat harus hanyur terbawa air sungai,” jelasnya.

Atas kondisi tersebut, lanjut Camat, pihaknya sudah berulang kali mengusulkan melalui Musrenbang secara berjenjang mulai dari desa, Kecamatan hingga ke kabupaten, supaya kondisi tersebut segera diselesaikan oleh pemerintah.

“Kita sekarang hanya tinggal menunggu tindaklanjut dan realisasi pemerintah, untuk memperbaiki infrastruktur yang kondisinya masih parah di wilayah perbatasan seperti, ruas jalan nasional Badau-Puring,” tandasnya. (Ishaq)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Angin Puting Beliung Rusak Tujuh Rumah Warga Kubu

KalbarOnline, Kubu Raya - Tujuh rumah warga di pesisir Muara Kubu, Dusun Mekar Jaya, Desa…

8 hours ago

Harisson Larang Perpisahan Sekolah di Tempat Mewah

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson melarang sekolah-sekolah untuk semua jenjang…

15 hours ago

Jalan Rusak Parah, Ibu Asal Kendawangan Melahirkan di Tengah Jalan

KalbarOnline, Ketapang - Beratnya kondisi medan yang diakibatkan jalan rusak, membuat Raniah, seorang ibu asal…

16 hours ago

Seorang Pemancing Ikan Ditemukan Tewas di Pantai Pasir Mayang

KalbarOnline, Kayong Utara - Seorang pria ditemukan tak bernyawa di Pantai Pasir Mayang, Dusun Pampang…

1 day ago

Karya Bakti TNI dan Warga, Perbaiki Jembatan Penghubung Antara Desa Miau Merah dan Desa Bukit Penai

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Personel Koramil 11/Silat Hilir jajaran Kodim 1206/Putussibau bersama warga melaksanakan karya…

1 day ago

Berperan Turunkan Angka Stunting Kalbar, Pj Gubernur Harisson Apresiasi PKK Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson  menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Kapuas…

2 days ago