Categories: Pontianak

Korban Angin Puting Beliung Terima Bantuan dari Pemkot

Edi Minta Warga Perkuat Konstruksi Bangunan

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Aswin Thaufik menyerahkan bantuan bagi korban angin putting beliung di Jalan Bina Jaya Kelurahan Kota Baru Kecamatan Pontianak Selatan, Senin (10/7). Bantuan yang diberikan berupa atap seng gelombang serta bahan makanan siap saji, termasuk kompor.

“Bantuan ini bersifat sementara. Kita minta kepada warga yang bangunannya terkena angin puting beliung supaya memperkuat konstruksi atapnya sehingga ketika angin puting beliung datang, tidak ada lagi atap yang lepas dari rangkanya,” ujarnya.

Terhadap kawasan-kawasan yang kerap terkena bencana angin puting, Edi mengimbau supaya warga tetap waspada dengan cara memperkuat konstruksi bangunannya terutama atap dan rangka. Selain itu, warga juga diminta mewaspadai ketika hujan datang disertai angin kencang sebab, kata dia, bukan tidak mungkin itu sebagai awal pertanda datangnya angin puting beliung.

“Kita tidak bisa memprediksi kapan datangnya angin puting beliung, bisa saja datang secara tiba-tiba dan menimpa rumah kita,” sebutnya.

Kendati datangnya angin puting beliung sulit diprediksi, namun menurutnya, setidaknya bisa terdeteksi dengan melihat kondisi alam. Misalnya, cuaca mendung, kemudian hujan deras disertai angin kencang, itu sudah menjadi peringatan untuk waspada. Pihaknya juga ikut memantau kondisi cuaca melalui CCTV yang ada di Ruang Pontive Centre Pemkot Pontianak.

“Meskipun terbatas hanya di beberapa titik lokasi, tapi paling tidak kita bisa memantau dan memberikan peringatan dini jika angin puting beliung datang,” pungkasnya.

Sedikitnya tujuh buah rumah warga diterjang angin puting beliung di Jalan Bina Jaya Kelurahan Kota Baru Pontianak Selatan, Sabtu (8/7). Tiga buah rumah diantaranya mengalami kerusakan parah, bahkan salah satunya rata dengan tanah. (Fat/Jim Hms)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Polres Landak Gelar Pemusnahan Barang Bukti Hasil Operasi Pekat Kapuas 2024

KalbarOnline, Landak - Polres Landak menggelar press release dan pemusnahan barang bukti hasil Operasi Pekat…

1 hour ago

Daftar Tunggu Antrean Haji di Kubu Raya Capai 24 Tahun

KalbarOnline, Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar manasik dan pelepasan 325 Jemaah Calon…

1 hour ago

Polres Kubu Raya Gelar Upacara Kenaikan Pangkat Satu Tingkat Aiptu Soponyono

KalbarOnline, Kubu Raya - Bertugas tanpa cacat, berdedikasi hingga akhir dan melayani masyarakat dengan tulus…

1 hour ago

Halal Bihalal dan Milad ke 27 MABM Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari menghadiri Halal Bihalal dan…

1 hour ago

TP PKK Pontianak Gelar Halal Bihalal

KalbarOnline, Pontianak - Masih dalam suasana Idul Fitri, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak menggelar…

15 hours ago

Usul Pekan Budaya LPM Jadi Agenda Tetap

KalbarOnline, Pontianak - Laskar Pemuda Melayu (LPM) Kalimantan Barat (Kalbar) bekerja sama dengan Pemerintah Kota…

15 hours ago