Categories: Sintang

Inspektorat Sintang Masih Kekurangan Personil

KalbarOnline, Sintang – Kepala Kantor Inspektorat Kabupaten Sintang, Apolonaris Biong mengungkapkan bahwa pada instansi yang dikomandainya tersebut masih kekurangan tenaga, apabila dibandingkan dengan jumlah objek pemeriksaan (obrik) yang ada di Kabupaten Sintang.

“Sintang memiliki 1032 obrik, tapi tenaga auditor pada Inspektorat Sintang hanya 42 personil, idealnya 168 orang, baru bisa optimal,” ujar Biong kepada KalbarOnline, belum lama ini.

Namun demikian, menurutnya hal tersebut bukan berarti pihaknya membiarkan atau membenarkan adanya kesalahan dalam pengelolaan keuangan negara.

“Untuk optimalnya pengawasan, kami membentuk tim yang terdiri dari 4 (empat) dan 5 (lima) orang dalam satu tim,” terangnya.

Awak media juga menanyakan terkait jumlah desa di Kabupaten Sintang mencapai 391 desa, Biong mengatakan bahwa tidaklah mungkin untuk melakukan audit per-desa.

“Karena kalau pun auditor kita fokus pada desa, katakanlah satu desa satu hari, untuk satu tahun pun tidak cukup karena satu tahunnya ada 360 hari. Tapi untuk desa kita bagi dua desa per-kecamatan untuk pertahunnya dan bergantian tiap dua desa per-kecamatannya pertahun, karena kita juga harus audit obrik yang lainnya,” paparnya.

Selain itu, awak media juga menanyakan apakah ada temuan pada tahun 2016, Biong tidak menampik adanya temuan, namun kebanyakan pada kesalahan administrasi.

“Inspektorat sifatnya hanyalah pembinaan dan pencegahan terjadinya pelanggaran dalam pengelolaan keuangan daerah atau negara, jika ada kesalahan dan pelanggaran tentu itu ranahnya penegak hukum. Kita hanya pada tahap pembinaan, membina agar mereka benar dalam pengelolaan keuangan negara,” pungkasnya. (Sg)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Launching Pilgub Kalbar 2024, Ketua KPU RI Ajak Masyarakat Berpartisipasi

KalbarOnline, Pontianak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat melakukan launching Tahapan Pemilihan Gubernur…

8 hours ago

Bupati Fransiskus Nostalgia di Reuni SMA Karya Budi Putussibau ke 40 Tahun

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka reuni akbar sekaligus syukuran SMA Karya…

8 hours ago

Wakil Bupati Kapuas Hulu Minta Panitia Bimbingan Manasik Haji Berikan yang Terbaik

KalbarOnline, Putussibau - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menyampaikan, bahwa penyelenggaraan ibadah haji merupakan…

8 hours ago

Ditinggal Pemilik, Dua Rumah Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Ludes Terbakar

KalbarOnline, Putussibau - Dua unit rumah milik Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu di Jalan Diponegoro…

10 hours ago

Sekda Ketapang Pimpin Rapat Persiapan Peresmian Balai Kepatihan Jaga Pati

KalbarOnline, Ketapang - Persiapan dan pelaksanaan peresmian Balai Kepatihan Jaga Pati akan dilaksanakan pada tanggal…

12 hours ago

Menteri AHY Dampingi Presiden Joko Widodo Serahkan 10.323 Sertipikat Tanah untuk Masyarakat Banyuwangi

KalbarOnline.com, Banyuwangi - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala…

12 hours ago