Categories: Pontianak

IPM Kota Pontianak Lampaui Angka Nasional

LKPJ Wali Kota Pontianak Tahun Anggaran 2016

KalbarOnline, Pontianak – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Pontianak merupakan yang tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), yakni 77,52. Angka yang diperoleh tersebut bahkan lebih tinggi dari IPM secara nasional yang berada pada angka 69,55.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan bahwa IPM Kota Pontianak bahkan bisa melebihi dari nilai yang diperoleh tersebut apabila Indeks Kesehatan Masyarakat (IKM) sudah masuk dalam penilaian.

“IKM kita dari rangking 125 melompat ke urutan 23. Kalau ini sudah masuk penilaian, saya yakin IPM kita bisa tembus di angka 78,4,” ucapnya usai penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota tahun anggaran 2016 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Pontianak, Rabu (5/4).

Dalam penyampaian LKPJ, ia menyatakan indikator-indikator pembangunan dalam segala aspek termasuk yang terbaik. Mulai dari layanan publik terbaik, Tata Kelola Ekonomi Daerah (TKED) terbaik, percepatan perizinan tercepat, pertumbuhan ekonomi yang meningkat dan sebagainya.

“Artinya, di tahun 2016 semua dilalui dengan baik, perencanaan-perencanaan pun semuanya berjalan dengan baik,” sebut Sutarmidji.

Wali Kota dua periode ini mengklaim, target-target ketika dirinya akan mengakhiri masa jabatan, sudah terlampaui. Salah satunya, IPM yang ditargetkan 75 berhasil dilampaui dengan nilai 77,52. Demikian pula target penurunan angka kemiskinan 5 persen, sudah tercapai bahkan di bawah 5 persen.

Saat ini Kota Pontianak sudah memasuki bonus demografi, di mana Angka Beban Ketergantungan di bawah 50. Artinya, dua orang produktif menanggung satu orang usia tidak produktif.

“Kita berupaya untuk menyediakan lapangan kerja dan meningkatkan produktivitas pekerja agar momen bonus demografi ini semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi penduduk miskin,” pungkasnya. (Fat/Jim Hms)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Hasil Pemilu 2024, Lebih Separuh DPRD Kapuas Hulu Diisi Wajah Baru 

KalbarOnline, Putussibau - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu baru saja menggelar rapat pleno…

3 hours ago

Januari hingga April 2024, Ada 1.561 Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Barat mencatat ada 1.561 kasus Gigitan Hewan…

5 hours ago

Pemkab Kapuas Hulu Kalah di PTUN Pontianak

KalbarOnline, Putussibau - Majelis hakim PTUN Pontianak mengabulkan permohonan perkara atas nama Floradarosari yang merasa…

5 hours ago

Ini Daftar Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya Terpilih Hasil Pemilu Tahun 2024

KalbarOnline, Kuhu Raya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya telah menetapkan 45 nama…

5 hours ago

Ini Daftar Anggota DPRD Kota Pontianak Terpilih Hasil Pemilu Tahun 2024

KalbarOnline, Pontianak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak telah menetapkan 45 nama Anggota Dewan…

5 hours ago

Pemprov Kalbar Siapkan Puluhan Penari Terbaik pada Momen HUT Kemerdekaan 17 Agustus di IKN

KalbarOnline, Pontianak - Peringatan 17 Agustus 2024 bakal menjadi momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Republik…

5 hours ago